Demi Al-Nassr

Pemain baru Al-Nassr Cristiano Ronaldo

JATENGPOS.CO.ID,  RIYADH – Cristiano Ronaldo mengklaim mendapat tawaran dari banyak klub Eropa dan juga MLS Amerika Serikat. Namun, dia menolak semua tawaran tersebut dan memilih gabung klub kaya raya Arab Saudi, Al-Nassr.

CR7 resmi menyandang status sebagai atlet bergaji tertinggi di dunia setelah meneken kontrak sensasional di Al-Nassr, yang bermain di Saudi Pro League. Dia dibayar 173 juta pounds (Rp 3,2 triliun) per tahun.

Ronaldo, yang diputus kontraknya oleh Manchester United pada bulan lalu gara-gara wawancara kontroversial dengan Piers Morgan, tiba di Riyadh pada Senin (2/1/2023) dan disambut meriah fans yang antusias.

Dia kemudian menjalani tes medis pada Selasa (03/01/2023), baru kemudian diperkenalkan secara resmi di Stadion Mrsool Park, yang merupakan markas Al-Nassr. Ribuan fans menghadiri perkenalan mantan pemain Real Madrid tersebut.

Dalam sesi konferensi pers setelah perkenalan, Ronaldo mengklaim telah menolak tawaran banyak klub dari berbagai belahan dunia demi merapat ke Arab Saudi. Klaimnya berbanding terbalik dengan banyak laporan yang menyebut tak banyak klub yang meminati tanda tangannya.

“Bagi saya ini kesempatan luar biasa dalam sepak bola dan untuk mengubah mentalitas generasi baru,” ucap Ronaldo, seperti dikutip dari Mirror.

“Tak ada yang tahu. Tapi saya bisa bilang sekarang, saya punya banyak kesempatan di Eropa, banyak klub di Brasil, Australia, dan Amerika Serikat, bahkan Portugal, yang mencoba merekrut saya.”

“Tetapi saya memilih klub ini, demi kesempatan mengembangkan bukan hanya sepak bola, tetapi juga bagian lain dari negara hebat ini. Bagi saya ini tantangan bagus. Saya tahu apa yang saya inginkan dan tidak saya inginkan,” sambungnya.

Nama Ronaldo ditampilkan di seluruh kota Riyadh sejak dia diumumkan sebagai pemain Al-Nassr pada Jumat (30/12/2022) pekan lalu. Ratusan penggemar berbondong-bondong ke toko resmi klub. Mereka antusias membeli kaus ikonik nomor 7 milik Cristiano Ronaldo.

Fans yang hadir pada pertandingan Liga Pro Saudi pada Jumat melawan Al-Khaleej terus meneriakkan namanya sepanjang menit ketujuh pertandingan sebagai perayaan setelah pengumuman kedatangannya.

Ronaldo diperkirakan akan menjalani laga debut di Al-Nassr pada 14 Januari dalam pertandingan derby melawan Al-Shabab.

Ada lagi yang menarik dari statement CR7 saat konferensi pers. Ia secara tak langsung menyebut Argentina, saat mengungkap apa tujuannya berkarier di Arab Saudi.

“Ketika saya mengambil keputusan, keluarga selalu mendukung, terutama anak-anak. Saya ingin memberikan visi berbeda tentang negara dan sepak bola. Jika Anda memberi contoh Piala Dunia, satu-satunya tim yang mengalahkan sang juara Argentina adalah Arab Saudi,” terang Cristiano Ronaldo via Express.

Ronaldo juga mengaku tidak menyesal meninggalkan Eropa dan berkarier di Asia bersama Al-Nassr. “Di Eropa pekerjaan saya sudah selesai,” ucap Ronaldo via Express.

“Saya memenangkan segalanya. Saya bermain di klub paling penting di Eropa dan bagi saya sekarang ini adalah tantangan baru. Saya memenangkan segalanya, saya bermain di klub paling penting dan bagi saya sekarang ini adalah tantangan baru di Asia. Sejauh ini saya merasa sangat baik, saya sangat bangga membuat keputusan besar ini dalam hidup ini,” lanjutnya.

Ketika Ronaldo diperkenalkan ke fans di Riyadh, dalam konferensi pers itu, dia menyebut petualangannya di Eropa telah berakhir dan kini saatnya dia membantu sepak bola Arab Saudi dan Asia.

CR7 menandatangani kontrak 2,5 tahun dengan Al Nassr. Ia dikabarkan mengantongi 200 juta euro atau Rp 3,3 triliun dalam semusim, dari gaji dan hak komersial.

Klub Al-Nassr menggelar penyambutan sekaligus momen tanda tangan kontrak Ronaldo, Selasa (03/01/2023) malam. Acara dilakukan di Marsool Park mulai pukul 19.00 malam waktu setempat.

Dalam agenda perkenalan, Ronaldo menandatangani kontrak, bertemu dengan para penggemar, dan media pada konferensi pers. Acara tersebut diperkirakan akan disiarkan oleh beberapa saluran TV.

Ronaldo memecahkan rekor sebagai pesepak bola dengan gaji termahal di dunia. Dalam semusim, CR7 dikabarkan meraup 200 juta euro dari Al Nassr. (bol/riz)