Derby Jateng Sarat Gengsi

JATENGPOS.CO.ID,  SOLO – Pertarungan yang sengit bakal tersaji saat ketika Persis Solo menjamu PSIS Semarang berjumpa pada laga bertajuk Derby Jawa Tengah pekan ke-12 kompetisi BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Manahan, Sabtu (16/09/2023) petang pukul 19:00 WIB, disiarkan langsung Indosiar. Laga mempetaruhkan gengsinya.

Duel antara Laskar Sambernyawa dengan Laskar Mahesa Jenar dipastikan bakal berlangsung seru dan sengit. Kedua tim sama-sama bertekad meraih poin penuh demi menjaga persaingan di Liga 1 Indonesia musim ini.

Bertindak sebagai tuan rumah, Persis tentu tak ingin dipermalukan PSIS di hadapan ribuan pendukungnya. Apalagi Eky Taufik dkk sangat membutuhkan poin maksimal guna mendongkrak posisi Persis yang rawan di zona degradasi. Di klasemen sementara Liga 1 hingga pekan ke 11, Persis berada di peringkat 14 dengan mengoleksi 12 poin dengan 3 kemenangan dan 3 seri.

Sementara PSIS juga bertekad mengambil poin dari kandang Persis guna menjaga persaingan di papan atas klasemen. Septian David Maulana dkk hinggga pekan 11 Liga 1 berada di peringkat 5 mengoleksi 18 poin dengan 5 kemenangan dan 3 seri.

Dikutip dari situs resmi PT LIB, pertemuan Persis Solo vs PSIS Semarang sudah tersaji 11 kali. Laskar Mahesa Jenar lima kali kalahkan Laskar Sambernyawa. Sementara Laskar Sambernyawa sendiri, baru dua kali mengalahkan Mahesa Jenar. Sedangkan empat kali pertemuan Persis Solo vs PSIS Semarang berakhir imbang.

Seperti dalam pertemuan Persis Solo vs PSIS Semarang musim lalu, selalu berakhir imbang. Ketika Persis vs PSIS dihelat di Stadion Manahan, laga berakhir 0-0. Sementara pada pertemuan terakhir musim 2022/2023, laga PSIS vs Persis dihelat di Stadion Jatidiri yang berakhir 1-1. Laga derby Jateng ini sempat diwarnai kericuhan suporter di luar stadion.

Laga derby Jateng antara Persis vs PSIS tak hanya sekadar duel sarat gengsi tapi juga bakal menjadi pertaruhan nasib pelatih Leonardo Medina. Pelatih asal Meksiko itu menjadi sorotan tajam karena dinilai belum mampu mengangkat performa Persis.

Menghadapi PSIS, Medina dituntut bisa mengamankan tiga poin guna mendongkrak posisi Laskar Sambernyawa di klasemen Liga 1 2023/24.

Sebaliknya pelatih PSIS Gilbert Agius menyambut antusias laga derby Jateng. Agius mengatakan laga derby Jateng sangat penting bagi timnya. Kedua pelatih tentunya bakal menurunkan komposisi pemain terbaiknya pada laga derby Jateng Sabtu (16/09/2023) malam.

Derby Jawa Tengah kerap kali dibumbui rivalitas yang panjang dari kedua kubu. Api-api rivalitas kerap membara di antara keduanya, baik itu di dalam lapangan maupun antarsuporternya. Laskar Sambernyawa tentu tak ingin kehilangan poin karena ini duel kali ini berlangsung di kandangnya sendiri.

Mereka juga wajib mengantisipasi ketajaman Mahesa Jenar karena hadirnya beberapa pemain tajam di lini depan.

Di masing-masing lini, pertarungan antarpemain juga akan mewarnai laga adu gengsi ini. Mereka punya andalan untuk memperebutkan poin sekaligus status sebagai tim terkuat di Jawa Tengah.

Dua pemain andalan Persis Solo di sektor penyerang ada Fernando Rodriguez dan Ramadhan Sananta. Fernando sejauh ini mengukir lima gol, sedangkan Sananta sudah mencetak empat gol meski sering absen karena panggilan tim nasional.

PSIS Semarang juga tak bisa diremehkan. Ada Carlos Fortes dan Paulo Gali Freitas yang sama-sama mencetak lima gol di BRI Liga 1 musim ini. Khusus Gali, dia juga menjadi top assist karena sudah mencetak tiga umpan gol untuk Mahesa Jenar. Prediksi skor Persis Solo 1 – 1 PSIS Semarang. (bol/riz)

Prediksi Pemain

Persis Solo : Pancar Nur Widiastono, Diego Bardanca, Sutanto Tan, Jaimerson, Faqih Maulana, Eky Taufik (C), Alexis Messidoro, Taufik Febriyanto, Moussa Sidibe, Ramadhan Sananta, Fernando Rodriguez. Pelatih : Leonardo Medina.

PSIS Semarang : Rizky Dharmawan, Lucas Gama, Wahyu Prasetyo, Giovani Numberi, Bayu Fiqri, Alfeandra Dewangga, Septian David Maulana (C), Vitinho, Gali Freitas, Taisei Marukawa, Carlos Fortes. Pelatih : Gilbert Agius.