Dilirik Raksasa Eropa

JATENGPOS.CO.ID, BARCELONA – Mantan kiper Manchester United (MU), David De Gea, sudah lebih enam bulan menganggur. Kini, ia dikabarkan dilirik salah satu klub raksasa Eropa, Barcelona.

Pengabdian David De Gea selama 12 tahun berseragam Manchester United berakhir pada musim panas 2023. Kiper berkebangsaan Spanyol tersebut mencatatkan 545 penampilan bersama Setan Merah, dan menorehkan prestasi dengan menyabet gelar Liga Inggris, Liga Europa, Piala FA, dan Piala Liga Inggris.

Setelah perpisahan dengan Red Devils pada musim lalu, penjaga gawang asal Spanyol itu dikabarkan menolak tawaran Nottingham Forest untuk kembali ke Liga Premier pada Januari 2024.

Namun, ia dikabarkan akan memberikan kejutan dengan kembali ke level teratas sepak bola. Menurut media Spanyol Mundo Deportivo, klub raksasa Spanyol Barcelona sedang mepertimbangkan untuk memberikan tawaran kepada mantan kiper United itu, seperti dikutip dari Sportbible, Rabu (28/02/2024).

Setelah Xavi Hernandez memutuskan mundur dari jabatan manajer tim pada akhir musim ini, daftar belanja teratas Barcelona selain pelatih baru kemungkinan adalah penjaga gawang.

Kiper utama Blaugrana saat ini, Marc-Andre ter Stegen, mengalami penurunan performa selama setahun terakhir, yang membuat masa depannya terlihat tidak pasti.

Ter Stegen dikabarkan telah menerima tawaran dari Al-Ittihad, dan mungkin akan tergoda dengan tawaran besar di Liga Arab Saudi. Jika melihat kondisi Barcelona, menjadi peluang bagus bagi De Gea kembali ke rumah, setelah 13 tahun meninggalkan Spanyol.

Sementara itu, Barcelona dikabarkan berniat melego dua bintang lapangannya, Ronald Araujo dan Frenkie de Jong, dengan tujuan meringankan masalah finansial yang masih mendera. Namun, kabar itu langsung dibantah oleh Direktur Olahraga Barcelona, Deco.

Dalam keterangannya, Deco menegaskan tidak ada rencana melepas dua pemain yang menjadi andalan di lini pertahanan dan tengah Barcelona itu. “Tidak akan terjadi apa-apa kepada mereka,” ujar Deco ketika bicara kepada Movistars.

Sebelumnya santer beredar rumor bahwa Blaugrana akan segera melepas Ronald Araujo dan Frenkie de Jong pada musim panas ini.

“Mereka punya kontrak dan semua klub besar ingin mempertahankan pemain terbaik mereka dan ini adalah beberapa yang terbaik. Mereka adalah pemain penting untuk saat ini dan masa depan,” sambung Deco.

“Mereka berhak berada di sini dan mendapatkan rasa hormat dari para penggemar dan semua orang. Kami tahu ke mana kami ingin pergi dan kami mengandalkan mereka,” ungkap Direktur Barcelona itu. (bol/riz)