Dirut Jasa Raharja Lepas 6.500 Pemudik Balik BUMN

MELEPAS : Dirut Jasa Raharja Budi Raharjo Slamet didampingi Kapolda Jateng Irjenpol Condro Kirono melepas 70 bus arus balik mudik gratis BUMN di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Sabtu (23/6). Foto : Jateng Pos/Ade Ujianingsih

JATENGPOS.CO.ID, BOYOLALI – Merangkai program mudik bareng guyub rukun BUMN, Direktur Utama Jasa Raharja Budi Raharjo Slamet bersama Kapolda Jateng Irjenpol Condro Kirono, melepas 6500 peserta mudik gratis Jasa Raharja kembali ke Jakarta.

“Kegiatan ini merupakan wujud komitmen BUMN Hadir Untuk Negeri pada saat masyarakat merayakan lebaran. Total peserta mudik balik BUMN ada 38 ribu. Jika dibandingkan 2017, terdapat peningkatan jumlah penumpang sebesar 18,38 persen.” ungkap Budi Raharjo Slamet, usai melepas bus yang membawa pemudik tujuan Jakarta, di halaman Asrama Haji Donohudan Boyolali, Sabtu (23/6).

Disampaikan Budi Raharjo, Jasa Raharja mengcover 17 persen dari total peserta mudik balik BUMN, yakni sekitar 6.500 peserta. Titik keberangkatan dipusatkan di Asrama Haji Donohudan sebanyak 3.688 peserta dengan menggunakan 70 bus dan 2 rangkaian gerbong kereta api yang diberangkatkan pada Sabtu (23/6) sore dan Minggu (24/6) sore melalui stasiun Purwosari Solo. Sisanya, sekitar 3000 peserta lain diberangkatkan dari kota Surabaya dan kota Malang.

Untuk jumlah peserta mudik balik Solo raya lebih sedikit dibanding peserta mudik, yang sebelumnya menggunakan dua rangkaian kereta api dan 112 bus dengan tujuan masing-masing kota di Solo Raya. Yakni tujuan Terminal Wonogiri, Terminal Tirtonadi Solo, Terminal Klaten dan Terminal Sragen.

Diketahui jumlah BUMN yang terlibat dalam program mudik bareng guyub rukun BUMN tahun ini lebih banyak, ada 62 BUMN dengan sasaran kota mudik gratis semakin banyak, meliputi 177 kota di Jawa dan Sumatera.

Acara pelepasan pemudik balik digelar dengan meriah, dengan hiburan musik dan tarian. Selain Kapolda Jateng, hadir pula pelepasan pemudik balik ke Jakarta tersebut, Sekda Pemkab Boyolali, Kepala perwakilan Jasa Raharja Surakarta Radito Risangadi, Kepala perwakilan Jasa Raharja Sukoharjo Totok Ery, dan sejumlah pejabat dari instansi terkait.

Kapolda Jateng Irjenpol Condro Kirono memberi apresiasi atas program mudik gratis yang dilakukan BUMN.

“Program mudik gratis ini sangat memberi manfaat, selain mampu menekan arus kendaraan mudik dari kendaraan pribadi ke alat transportasi umum, juga berdampak menekan angka kecelakaan. Di Jawa Tengah sementara ini mampu menekan laka lantas 80%.” tandas Kapolda Jateng.(dea/drh)