Discovery Learning Tingkatkan Hasil Belajar Matematika

Erning Tulus Widiyaningsih, S.Pd.SD SD Negeri 2 Jenggawur Banjarmangu, Banjarnegara

Seluruh belahan bumi sedang waspada dengan covid-19, tak terkecuali Indonesia juga terdampak wabah covid-19 hampir di semua provinsi. Wabah ini menyebabkan banyak sektor yang mengalami pembatasan termasuk sektor pendidikan.

Dalam mengurangi penyebaran virus corona sektor pendidikan melakukan pembatasan pembelajaran tatap muka. Pembelajaran dilaksanakan dengan system pembelajaran jarak jauh. Dimana guru dan peserta didik hanya berkomunikasi via alat komunikasi seperti HP/smartphone atau PC/laptop. Dengan dibantu berbagai aplikasi guru dan peserta didik diharapkan tetap dapat melaksanakan pembelajaran.

Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di kelas 6 SD Negeri 2 Jenggawur Kec. Banjarmangu kabupaten Banjarnegara pada awalnya peserta didik cukup antusias, tetapi semakin lama antusiasme peserta didik berkurang. Peserta didik tidak mengerjakan tugas dan tidak mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Untuk mengatasi masalah tersebut guru harus dapat mengelola kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi peserta didik untuk belajar mandiri di rumah. Salah satu model pembelajaran yang menuntut keaktifan peserta didik dan dapat dilakukan secara mandiri di rumah adalah melalui Discovery Learning. Hosnan (2016:85), menyatakan “pembelajaran Discovery Learning adalah model pembelajaran yang dapat mengembangkan cara belajar peserta didik aktif dengan menemukan sendiri, menyelediki sendiri, maka hasil yang diperoleh peserta didik dapat bertahan lama dalam ingatan”.

Proses belajar peserta didik dikatakan berhasil atau tidak, tercermin dari hasil usaha yang dilakukan selama proses belajar berlangsung melalui suatu evaluasi belajar. Hasil belajar digunakan untuk melihat penguasaan belajar setelah diadakannya kegiatan pembelajaran. Hasil belajar yang menjadi objek penilaian kelas berupa kemampuan baru yang diperoleh setelah mengikuti proses pembelajaran

Penerapan langkah-langkah pembelajaran pada model Discovery Learning yang meliputi stimulus, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, verifikasi, dan generalisasi diharaapkan dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas 6 SDN 2 Jenggawur. Penerapan model discovery learning ini diharapkan dapat mendorong peserta didik membangun konsep, aktif belajar, serta menyelediki secara mandiri, sehingga hasil belajar meningkat karena pemahaman peserta didik bertahan lama.

Pertama guru menginformasikan kepada wali murid untuk hadir ke sekolah untuk mengumpulkan tugas sebelumnya serta mengambil LKM dan evaluasi pembelajaran tema 7 menentukan luas dengan satuan tidak baku. Setelah itu guru menjelaskan kegiatan dan tugas yang dilakukan peserta didik saat belajar di rumah. Pembelajaran jarak jauh luring sesuai dengan model discovery learning diawali dengan peserta didik diberi stimulus atau rangsangan yang berupa gambar dan cerita tentang halaman rumah yang akan dihias dengan rumput gajah mini. Peserta didik melakukan identifikasi masalah dengan mendapatkan pertanyaan pada LKM yang harus dipecahkan yaitu bagaimana mengukur rumput yang dibutuhkan untuk menghias halaman rumah jika tidak memiliki alat ukur baku. Kemudian peseta didik melakukan pengumpulan data dengan diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan tentang menentukan luas dengan satuan tidak baku, melakukan pengolahan data dengan menyusun jawaban berdasarkan sumber yang ada di rumah dan menuliskan hasil jawabannya. Setelah itu, peserta didik melakukan pembuktian dengan membuktikan benar atau tidaknya hipotesis yang sudah ditetapkan dengan temuan peserta didik dari pengolahan data. Terakhir peserta didik menyimpulkan hasil jawabannya.

Berdasarkan hasil pengmatan yang telah dilaksanakan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: melalui penerapan langkah-langkah pembelajaran model Discovery Learning yang meliputi stimulus, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, verifikasi, dan generalisasi dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas 6 SDN 2 Jengawur. Semoga penelitian ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

 

Erning Tulus Widiyaningsih, S.Pd.SD

SD Negeri 2 Jenggawur

Banjarmangu, Banjarnegara