DMI Jateng Sosialisasikan UPZ Dibentuk Setiap Masjid dan Mushola

MUSDA DMI KABUPATEN SEMARANG: Ketua PD DMI Kabupaten Semarang KH Zaenal Abidin S.P (kiri) dan Ketua PW DMI Jawa Tengah Prof Dr KH Ahmad Rofiq, MA (tiga dari kiri) bersama pengurus seusai Musda PD DMI Kabupaten Semarang. FOTO:MUIZ/JATENGPOS

JATENGPOS.CO.ID, UNGARAN– Ketua Pengurus Wilayah (PW) DMI Jawa Tengah Prof Dr KH Ahmad Rofiq, MA meminta masjid dan mushola membentuk pengurus Unit Pengumpulan Zakat (UPZ). Melalui UPZ ini pengelolaan zakat oleh amil yang ditunjuk pengurus masjid akan mendapat naungan dari Baznas.

“Amil di setiap masjid dan mushola yang mengumpulkan zakat secara resmi mendapat naungan dari Baznas melalui UPZ yang telah dibentuk pengurus masjid. Saat ini kita sosialisasikan agar setiap masjid sudah membentuk pengurus UPZ. Sehingga saat menghimpun dan mengelola zakat maupun infak dan sedekah (ZIS) resmi di bawah naungan Baznas,” ujar KH Ahmad Rofiq.

Pernyataan tersebut disampaikan saat menghadiri Musyawarah Daerah Pengurus Daerah (PD) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Semarang di rumah makan Cikal Gading, Tuntang, Kabupaten Semarang, akhir pekan kemarin.

Dalam kesempatan tersebut KH Ahmad Rofiq sekaligus melantik pengurus PD DMI Kabupaten Semarang periode 2023-2028 yang diketuai KH Zaenal Abidin, S.P.

“Program PW DMI Jateng lain, saat ini sedang mensosialisasikan untuk membantu pembangunan masjid dan mushola di Kabupaten Cianjur Jawa Barat yang terdampak gempa,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini KH Ahmad Rofiq memberikan ucapan selamat kepada Ketua PD DMI Kabupaten Semarang yang terpilih diharapkan dapat turut berperan mensosialisasikan program-program yang dijalankan PW DMI Jateng.

Ketua Panitia Musda PD DMI Kabupaten Semarang, Dr H Munasir, MM mengatakan, pelaksanaan pemilihan berlangsung cepat setelah pengurus PD DMI dan Pengurus Cabang DMI menyatakan secara aklamasi memilih KH Zaenal Abidin sebagai ketua PD DMI Kabupaten Semarang periode 2023-2028.

“Pemilihan dilaksanakan secara aklamasi memilih bapak KH Zaenal Abidin untuk melanjutkan kembali memimpin PD DMI Kabupaten Semarang. Alhamdulillah, Musda berjalan lancar tanpa suatu hambatan apapun,” ujarnya.

Ada pun susunan PD DMI Kabupaten Semarang sebagai berikut: Ketua; KH Zaenal Abidin S.P, Wakil Ketua; Dr H Munasir MM, H Syamsul Ridwan, SH, M.Hum, Drs H Heru Purwantoro, MM. Sekretaris; H Zaenal Mutaqin, MT. Wakil Sekretaris; H Nur Edi Susilo, Msi. Bendahara; M Asrofik. Wakil Bendaraha; M Mustoha SPdi. (muz)