Beranda Jateng Dokter Baru Unissula Siap Hadapi Persaingan

Dokter Baru Unissula Siap Hadapi Persaingan

59
eriode IV Tahun 2019 Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Agung Semarang, Sabtu (19/10) di Aula FK Unissula. Foto : Rita H

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Tantangan terus dihadapi para dokter baru dalam menghadapi persaingan profesi yang kian kompetitif. Oleh karena itu, profesi dokter juga harus dibekali banyak keahlian, salah satunya enterpreneurship atau kewirausahaan.

Hal itu disampaikan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Agung (Unissula) Semarang Dr dr Setyo Trisnadi SH SpKF kepada wartawan usai mewisuda 35 dokter baru di kampus setempat, Sabtu (19/10).

“Tiap tahun ada 10.000 dokter baru yang diluluskan dari perguruan tinggi di Indonesia. Sampai saat ini Unissula sudah meluluskan 5.110 dokter dan tersebar di seluruh Indonesia. Alhamdulillah rata-rata menempati pos-pos strategis,” bebernya.

Kepada para dokter baru Dekan FK Unissula, Setyo berharap mereka selalu meng-update ilmu kedokteran karena cepatnya perkembangan ilmu kedokteran. Juga tantangan dokter baru saat ini semakin kompleks baik faktor dari dalam negeri maupun kemungkinan serbuan dokter asing ke Indonesia.

‚ÄúTantangan dari dalam negeri misalnya semakin banyak perguruan tinggi membuka fakultas kedokteran sehingga persaingan dokter makin kompetitif. Belum lagi tantangan terkait dengan BPJS yang cepat sekali berubah,” ujarnya.

Namun demikian, dia yakin jika Unissula dapat menghadapi tantangan tersebut. Pihaknya sudah membekali para dokter baru dengan berbagai keahlian.

“Kami sudah melengkapi modul elektis, bekal profesi maupun akademisi, serta pembekalan pengabdian. Kami tidak khawatir melepas lulusan kedokteran, karena mereka telah memenuhi syarat sesuai dengan visi Unissula,” pungkasnya. (rit/bis)