Dua Kecelakaan Maut Libatkan Truk

Truk gandeng bermuatan pupuk menabrak rumah warga Klesem, Kelurahan Pringapus, Kecamatan Pringapus, Senin (11/12).

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Pasangan suami-istri asal Jalan Sutomo, Kalongan, Purwodadi, Kabupaten Grobogan, tewas setelah mobil yang dinaikinya ditabrak truk. Insiden tersebut terjadi di Jalan Brigjen Sudiarto atau Jalan Majapahit, tepatnya di depan Gang Jalan Sendang Utara, Kota Semarang, Senin (11/12) dini hari.

Satu korban bernama Senipah (63)  tewas di lokasi kejadian, sedangkan Soetoko (71) tewas setelah sempat dilarikan ke RS Bhayangkara Semarang untuk mendapat perawatan medis.

Peristiwa yang terjadi sekira pukul 02.00 WIB tersebut bermula saat Soetoko bersama istrinya Senipah hendak pulang ke Purwodadi. Soetoko yang mengemudikan mobil Toyota Kijang H 9161 RA keluar dari gang Jalan Sendang Utara atau gang Jalan SMPN 9 Semarang. Ia bermaksud menyeberangi Jalan Sudiarto untuk kemudian menuju ke arah Timur (Purwodadi).

“Mobil yang berisi dua orang itu (Soetoko dan Senipah, red) keluar dari Jalan Sendang Utara. Mau menyeberang, tiba-tiba dari arah Timur ke Barat melaju truk dump cukup kencang,” kata Kanit Laka Satlantas Polrestabes Semarang, AKP Sugito, Senin (11/12).

Laju kencang membuat truk dump K 1319 SH yang dikemudikan oleh Lilik Sudaryanto (26), warga Desa Ngrambitan, Japah, Kabupaten Blora, tidak dapat menghindar. Truk langsung menghantam bagian kanan mobil Toyota Kijang berisi dua orang tersebut. Benturan keras membuat bagian kanan mobil Toyota Kijang rusak parah.

“Benturan itu membuat dua orang di dalam mobil Kijang tidak sadarkan diri. Mobilnya rusak bagian kanan,” ungkapnya.

Kecelakaan juga terjadi di Kabupaten Semarang. Diduga rem blong, truk gandeng bermuatan pupuk menabrak rumah warga Klesem, Kelurahan Pringapus, Kecamatan Pringapus, Senin (11/12).

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun, rumah bagian depan roboh, dua sepeda motor ringsek. Kerugian ditaksir mencapai puluhan jutaan rupiah.

Pemilik rumah, Sukarno Wibowo (51), warga Klesem Kidul RT 02/RW 02, Pringapus, mengatakan, kejadian sekitar pukul 05.50 WIB. Saat kejadian dia sedang mengepel lantai dan tiba-tiba mendengar suara benturan.

“Saat ngepel itu, saya dengar suara glodak-glodak terus rumah bagian depan dan teras ambruk. Saat itu, saya langsung narik Panji Anom Wijanarko (18), yang sedang di kamar mandi,” kata Sukarno di lokasi kejadian, Senin (11/12).

“Selain rumah bagian depan, dua sepeda motor ringsek. Untuk kerugian, kami belum bisa menafsirkan,” ujarnya.

Kanit Laka Satlantas Polres Semarang Ipda Supeno mengatakan, truk gandeng L 9216 UF dikemudikan Supriyadi (45), warga Rembang.

“Dugaan karena rem blong masuk jalan desa menabrak rumah warga. Pengemudi sekarang berada di RS Ken Saras mengalami luka lecet-lecet. Sopirnya sudah teriak-teriak dari kawasan Jangkang,” katanya.

Evakuasi bangkai truk gandeng, memakan waktu hingga 4,5 jam. Selain menabrak rumah, truk juga melintas saluran pipa PDAM yang menyebabkan aliran air minum menuju warga tergganggu.(har/udi)