Beranda Jateng Dua Perempuan jadi Ketua RT, Begini Serunya Pelantikan Serentak Desa Klandungan

Dua Perempuan jadi Ketua RT, Begini Serunya Pelantikan Serentak Desa Klandungan

367
MELANTIK : Kades Sukarsono saat melantik 26 ketua RT di Desa Klandungan, Ngrampal, Sragen, Rabu (1/7). Foto: ARI SUSANTO/JATENG POS

JATENGPOS.CO.ID, SRAGEN – Sebanyak 26 Ketua Rukun Tetangga (RT) di Desa Klandungan, Kecamatan Ngrampal, Sragen secara serentak dilantik, Rabu (1/7). Pelantikan yang dipimpin Kades Klandungan Sukarsono, dua RT di antaranya merupakan wanita Endang Suwarni dan Kartini.

Para warga memilih ketua RT wanita ini dengan harapan pemimpinnya nanti lebih sabar, tlaten tidak neko neko dan penuh kasih sayang.

Endang Suwarni terpilih menjadi Ketua RT 23 Dukuh Pentu setelah mendapatkan 17 suara dari 5 calon yang ikut pemilihan ketua RT. Selain itu Kartini juga menjabat ketua RT 09 Dukuh Ngrejeng.

Kades Klandungan Sukarsono mengatakan, terpilihnya dua Ketua RT wanita ini merupakan sejarah baru di desanya. Terpilihnya kedua wanita sebagai Ketua RT ini, merupakan bukti peran perempuan di dalam lingkungan sangat dibutuhkan.

“Kebetulan keduanya, selain menjadi ketua RT, juga menjadi kader penggerak PKK Desa Klandungan. Sehingga sebelum menjabat sebagai RT, kiprahnya di masyarakat tak diragukan lagi,” terang Kades yang telah dua periode memimpin Desa Klandungan ini.

Menurut Kades Sukarsono, para Ketua RT yang dilantik ini menjabat selama ini tahun dan nantinya bisa dipilih kembali di lingkungan warga setempat.

Suyadi Kadus Klandungan Ngrampal Sragen, ikut kaget, karena di antara 26 ketua RT yang terpilih merupakan wanita. Apresiasi dengan terpilih dua Srikandi ini sebagai ketua RT sebagai bukti emansipasi wanita yang ikut membangun desa maupun wilayahnya.

“Semoga dua ketua RT wanita menjadi embrio untuk menyamakan hak dengan kaum  pria dalam memimpin di lingkungannya. Selain itu, harapannya semua ketua RT yang dilantik amanah,melayani  mengayomi warganya, sepenuh hati,” terang Suyadi yang juga mantan MC protokol manten ini.

Sedangkan Endang Suwarni, salah satu ketua RT wanita terpilih mengungkapkan,
dalam pemilihan tersebut diikuti 5 calon dan dirinya merupakan wanita sendiri. Keinginan mencalonkan RT didasari keinginannya belajar banyak dalam melayani dan mengayomi warganya yang berjumlah 32 Kepala Keluarga.

“Pokoke tetap belajar dengan senior bagaimana mengemban amanah sebagai ketua RT dan dalam pelayanan tentunya terpenting dengan santai atau enjoy saja,” tutur Endang Suwarni.

Sementara dalam prosesi pelantikan ketua RT dilaksanakan di Pendopo Desa Klandungan secara serentak. Para ketua RT terpilih yang mengikuti pelantikan dengan berpakaian formal untuk yang pria dengan stelan jas berdasi dan wanitanya menggunakan kebaya.

Dalam prosesi pelantikan sendiri juga menggunakan protokol kesehatan dalam antisipasi wabah corona. Para RT terpilih selain memakai memakai masker juga jaga jarak.
Pelantikan ketua RT sedesa klandungan Ngrampal Sragen ini untuk masa bakti periode 2020-2025. (ars/bis/rit)