Dua Tim Butuh Menang

Almoez Ali

JATENGPOS.CO.ID,  QATAR – Senegal dan Qatar memulai putaran kedua pertandingan penyisihan Grup A Piala Dunia 2022 ketika mereka bertanding di Al Thumama Stadium, Jumat (25/11/2022) malam pukul 20:00 WIB, disiarkan langsung SCTV, streaming Vidio.com, Mentari TV dan Nex Parabola.

Seperti negara tuan rumah, Senegal juga menderita kekalahan 2-0 dalam pertandingan pembuka Grup A mereka dan kedua belah pihak akan berusaha untuk mengembalikan kampanye Piala Dunia mereka ke jalur yang benar.

Laga Jumat besok tercatat menjadi pertemuan pertama tim nasional sepakbola Qatar dan Senegal. Duel di Stadion Al Thumama ini diprediksi berlangsung sengit mengingat kedua timnas sama-sama butuh kemenangan untuk lolos ke fase gugur.

Qatar dan Senegal sama-sama tumbang di laga perdana. Tim tuan rumah tumbang 2-0 dalam laga kontra Ekuador, sementara Senegal kalah dari Belanda dengan skor yang sama.

Qatar sejauh ini telah menghadapi 13 negara Afrika dengan total 33 pertandingan. Hasilnya Qatar meraih 12 kemenangan, 7 imbang, dan 14 kekalahan. Qatar mampu mencetak 40 gol dan di sisi lain kebobolan 52 gol.

Lantaran Qatar baru kali ini mengikuti piala dunia, tentunya seluruh pertandingan tersebut terjadi di luar ajang prestisius tersebut. Dari 33 laga, hanya 2 yang terjadi di turnamen resmi, yakni Arab Cup. Pada 2021 lalu, Qatar kalah 1-2 dari Aljazair dan kemudian mengalahkan Mesir 5-4 lewat adu penalti di tahun yang sama.

Adapun Senegal sudah pernah menghadapi 10 tim nasional negara Asia dalam 26 laga. Senegal tercatat hanya memenangkan 6 pertandingan, imbang di 11 laga, dan menelan 9 kekalahan. Total 32 gol mereka buat berbanding kebobolan 36 gol.

Senegal pernah berhadapan dengan Jepang di Piala Dunia 2018 dengan hasil seri 2-2. Menariknya Senegal juga pernah bertemu Indonesia dalam laga persahabatan tahun 1982. Kedua negara saat itu bermain imbang 2-2.

Tekanan di laga ini jelas akan sangat besar bagi kedua kubu. Pasalnya siapa yang kalah berpeluang besar menjadi negara pertama yang tersingkir dari fase grup Piala Dunia 2022. Tekanan tentu lebih mengarah pada Qatar karena mereka berstatus sebagai tuan rumah.

“Jika kami ingin bersaing, kami harus bagus dalam bertahan dan terorganisasi dengan baik. Ketika kami menguasai bola, kami harus bisa bermain efektif,” tutur pelatih Qatar, Felix Sanchez seperti dilansir laman resmi FIFA.

Kekalahan di matchday 1 lalu seolah menghapus performa gemilang Timnas Qatar dan Senegal di laga pemanasan jelang Piala Dunia 2022.

Sebelumnya piala dunia bergulir, Qatar sukses meraih kemenangan atas Tim Albania dan Panama di laga uji coba. Demikian halnya dengan Senegal yang menahan imbang Iran 1-1 pada September lalu. Senegal juga mengalahkan Bolivia di bulan yang sama dalam persiapan mereka menuju Piala Dunia 2022.

Almoez Ali akan menjadi pemain yang diharapkan membawa Qatar memperbaiki hasil. Catatan 42 gol dari 88 pertandingan menunjukka ia berpotensi menjadi pemain kunci tuan rumah di laga ini.

Ismaila Sarr

Dari kubu Senegal, absennya Sadio Mane memang memberi beban pada Ismaila Sarr. Selain Sarr, Senegal bisa berharap banyak pada pemain senior lain seperti Idrissa Gueye dan Kalidou Koulibaly.

Senegal saat ini berada di peringkat 18 dunia dan akan menyukai peluang mereka melawan Qatar, yang berada 32 tempat di bawah mereka dalam Peringkat Dunia FIFA terbaru.

Ini akan menjadi pertemuan pertama antara Qatar dan Senegal, dan kedua belah pihak akan berusaha untuk memulai persaingan mereka di puncak dan mengklaim kemenangan Piala Dunia pertama mereka.

Senegal tidak terkalahkan dalam empat pertandingan terakhirnya di semua kompetisi, mengklaim dua kemenangan dan satu kali imbang sejak awal Agustus. Namun, mereka telah kehilangan dua dari tiga pertandingan kompetitif terakhir mereka, mencetak dua gol dan kebobolan empat gol dalam waktu itu.

Senegal membanggakan daya tembak yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan dan kami memperkirakan mereka akan menang atas negara tuan rumah. Prediksi skor Qatar 1 – 2 Senegal. (ito/riz)

Prediksi Pemain

Qatar (5-3-2) : Saad Al Sheeb; Pedro Miguel, Bassam Al Rawi, Boualem Khoukhi, Abdelkarim Hassan, Homam Ahmed; Abdulaziz Hatem, Karim Boudiaf, Hassan Al Haydos; Akram Afif, Almoez Ali. Pelatih : Felix Sanchez.

Senegal (4-3-3) : Edouard Mendy; Youssouf Sabaly, Kalidou Koulibaly, Pape Cisse, Abdou Diallo; Nampalys Mendy, Cheikhou Kouyate, Idrissa Gueye; Krepin Diatta, Ismaila Sarr, Boulaye Dia. Pelatih : Aliou Cisse.