Duel Menuju Semifinal

Real Madrid vs Chelsea Kamis (13/04/2023) pukul 02:00 WIB Live SCTV & Vidio.com

JATENGPOS.CO.ID, MADRID – Juara bertahan Real Madrid akan ditantang Chelsea di Santiago Bernabeu pada leg pertama babak perempat final Liga Champions 2022/2023, Kamis (13/04/2023) dinihari pukul 02:00 WIB, disiarkan langsung SCTV dan live streaming Vidio.com.

Akhir pekan kemarin, dua tim ini sama-sama menelan kekalahan. Di La Liga, Madrid dikalahkan sang tamu Villarreal 2-3. Di Premier League, dalam laga pertamanya bersama pelatih interim Frank Lampard, Chelsea dipecundangi tim papan bawah Wolverhampton 0-1.

Real Madrid yang kini sudah tertinggal 13 poin dari Barcelona di kompetisi Liga Spanyol (LaLiga) 2022/2023, tentu bakal lebih fokus menatap trofi Liga Champion (UCL). Di sisi lain, Chelsea yang mengalami musim buruk di Liga Inggris (EPL), juga berupaya dapat mendulang prestasi di UCL untuk menyelamatkan musim mereka.

Akan tetapi peluang Chelsea untuk mengalahkan Madrid pada pertandingan leg 1 terbilang berat. Pasalnya The Blues belum menunjukkan perbaikan tren performa, meski posisi pelatih sudah berganti ke tangan Frank Lampard.

Namun, meski sama-sama kalah, Madrid masih lebih difavoritkan. Pasalnya, dibandingkan Chelsea, performa Madrid masih lebih baik, terutama di segi ofensif.

Dalam tiga laga terakhir, Madrid selalu bisa mencetak dua gol atau lebih. Madrid menang 6-0 atas Real Valladolid, lalu menang 4-0 atas Barcelona di Copa del Rey, di mana Karim Benzema mengukir dua hattrick dalam dua laga tersebut. Melawan Villarreal, Madrid masih bisa menyarangkan dua gol.

Sebaliknya, Chelsea tanpa gol maupun kemenangan dalam tiga laga terakhir. Melawan Aston Villa, yang merupakan laga terakhir bersama Graham Potter sebelum dia dipecat, Chelsea kalah 0-2. Melawan Liverpool, bersama pelatih interim pertama, Bruno Saltor, Chelsea imbang 0-0. Bersama Lampard, Chelsea kalah 0-1 dari Wolverhampton.

Di tangan Lampard, Chelsea tak menunjukkan peningkatan. Ide permainannya tidak jelas, serangan-serangannya pun tidak berbahaya.

Melawan Madrid, yang di babak sebelumnya telah menyingkirkan wakil Inggris lainnya, Liverpool, dengan agregat telak 6-2, Chelsea mungkin harus berusaha sangat keras. Di Bernabeu, Madrid tentu saja bakal lebih difavoritkan.

Dalam empat pertemuan dengan Chelsea di Liga Champions sejauh ini, Madrid cuma sekali menang. Satu-satunya kemenangan itu mereka raih saat berjumpa di perempat final 2021/2022.

Musim lalu, Madrid dan Chelsea juga bertemu di babak perempat final. Kala itu, Chelsea masih dilatih Thomas Tuchel. Waktu itu, berkat hattrick Karim Benzema, tim asuhan asuh Carlo Ancelotti sukses mengalahkan Chelsea 3-1 pada leg pertama di Stamford Bridge.

Chelsea sempat unggul 3-0 terlebih dulu melalui gol-gol Mason Mount, Antonio Rudiger, dan Timo Werner pada leg kedua di Santiago Bernabeu. Namun, gol Rodrygo membuat agregat jadi sama kuat. Karim Benzema kemudian membobol gawang Chelsea di extra time, memastikan Madrid ‘cuma’ kalah 2-3, dan lolos ke semifinal dengan agregat 5-4.

Real Madrid yang menelan kekalahan 2-3 dari Villarreal pada laga terakhir, tetap lebih diunggulkan bisa mengalahkan Chelsea pada leg 1 babak 8 besar UCL 2022/2023. Terlebih kali ini Los Blancos bakal bermain di kandang sendiri.

Dikutip dari laman resmi UEFA, pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti percaya diri timnya bisa mengalahkan Chelsea, bahkan melaju hingga final Liga Champion musim ini. Ia menyebut timnya punya motivasi besar untuk memenangi gelar tersebut.

“Tidak banyak perbedaan antara tim yang memenangi Liga Champion musim lalu, dengan tim sekarang. Kami memiliki kepercayaan diri yang tinggi, serta tim yang solid,” ujar Carlo Ancelotti.

Sementara Chelsea tengah berada dalam situasi yang sulit pada musim 2022/2023. Berada di papan tengah Liga Inggris serta gagal menang dalam beberapa laga, membuat The Blues terancam tanpa gelar musim ini.

Liga Champion 2022/2023 menjadi satu-satunya trofi yang masih mungkin dikejar oleh Chelsea. Tapi hal itu diprediksi tidak mudah, terutama jika melihat performa di beberapa laga terbaru, termasuk saat laga debut Frank Lampard.

“Target kami adalah memenangkan pertandingan sebanyak mungkin. Setiap pertandingan (terutama di Liga Champion) selalu sulit, tetapi kami memiliki keyakinan dapat memenangi setiap laga,” tutur pelatih interim Chelsea, Frank Lampard.

Dari rekor head to head (H2H) Real Madrid dan Chelsea saling mengalahkan dalam 5 pertemuan terakhir. Kedua tim sama-sama mencatat 2 kemenangan, dan 1 laga lain berakhir seri.

Meski begitu Real Madrid yang juga bertemu Chelsea pada fase knock out Liga Champion pada 2 musim terakhir, selalu sukses lolos ke babak selanjutnya. Dominasi tersebut diprediksi dapat dilanjutkan oleh Los Blancos.

Real Madrid dan Chelsea diprediksi tampil dengan formasi 4-3-3 pada leg 1 babak 8 besar Liga Champion 2022/2023. Los Blancos diperkirakan masih mengandalkan Rodrygo, Karim Benzema, dan Vinícius Júnior di lini depan.

Sementara Chelsea diperkirakan memainkan Raheem Sterling, Kai Havertz, dan João Félix sebagai trio penyerang. Adapun posisi gelandang dapat diisi oleh Conor Gallagher, Enzo Fernández, dan Mateo Kovačić. Prediksi skor Real Madrid 3 – 1 Chelsea. (ito/riz)

Prediksi Pemain

Real Madrid (4-3-3) : Thibaut Courtois; Lucas Vázquez, Antonio Rüdiger, Eder Militao, David Alaba; Luka Modric, Aurélien Tchouaméni, Federico Valverde; Rodrygo, Karim Benzema, Vinícius Júnior. Pelatih : Carlo Ancelotti.

Chelsea (4-3-3) : Kepa Arrizabalaga; Reece James, Wesley Fofana, Kalidou Koulibaly, Marc Cucurella; Conor Gallagher, Enzo Fernández, Mateo Kovačić; Raheem Sterling, Kai Havertz, João Félix. Pelatih : Frank Lampard.