28 C
Semarang
Kamis, 19 Juni 2025

Saatnya Pelajaran Sejarah Tidak Membosankan !

JATENGPOS.CO.ID, – Banyak model pendidikan yang ditawarkan untuk meningkatkan, dan memahamkan pengetahuan kepada peserta didik pada berbagai bidang peminatan. Baik berkategori formal maupun nonformal, peserta didik bisa memilih pendidikan sekolah, pendidikan sekolah mandiri (baca : sekolah terbuka), bimbingan belajar, les/les privat, kursus atau bahkan home schooling.

Salah satu mata pelajaran formal yang ada di sekolah adalah “Sejarah” , Seperti sudah menjadi pameo, bahwa pelajaran sejarah merupakan pelajaran tidak populer di kalangan peserta didik. Hal tersebut patut dimaklumi karena pelajaran sejarah adalah pelajaran yang dipenuhi oleh teori-teori dan mengisahkan tentang masa lalu dalam kurun waktu lama. Sehingga apabila dalam penyampaian materi sejarah seorang guru tidak memiliki kreatifitas dalam teknik penyampaian, metode pembelajaran yang menyenangkan, maka mata pelajaran sejarah akan terasa membosankan.

Meski bukan mata pelajaran spesifik, pelajaran sejarah termasuk pelajaran kunci yang wajib disampaikan kepada peserta didik disamping sebagai pembentuk karakter penerus bangsa juga mewariskan sejarah bangsa. Peserta didik adalah figur yang harus mengetahui dan memahami peristiwa sejarah. Oleh sebab itu, seorang guru sejarah dituntut kompetensinya agar materi dalam setiap peristiwa bersejarah dapat diterima, dicerna, dan dipahami peserta didik dengan antusias. Kreativitas mutlak dimiliki oleh seorang guru sejarah, selain keterampilan menyusun program ajar, seorang guru sejarah dituntut peka dan tanggap terhadap minat belajar para peserta didiknya.

Salah  satu metode pembelajaran yang cukup menarik dan efektif yang dapat digunakan oleh guru untuk menumbuhkan minat belajar sejarah, yaitu : pembelajaran luar kelas, atau dikenal dengan sebutan outdoor learning.

Konsep outdoor tersebut menjadi salah satu metode pembelajaran yang memanfaatkan sumber belajar di luar kelas, agar para peserta didik dapat memperoleh suasana baru dan merasa lebih fun dalam belajar, sekaligus akan berefek positif pada proses pembelajaran yang lebih dinamis.

Manfaat Pembelajaran Outdoor learningmenurut Suyadi mengakibatkan pikiran lebih jernih, terasa lebih menyenangkan,pembelajaran lebih variatif, rekreatif, lebih riil, peserta didik lebih mengenal dunia nyata dan luas. Dengan demikian akan tertanam image bahwa dunia adalah kelas, wahana belajar akan lebih luas, kerja otak lebih rileks.

Menurut Yuliarto dalam Hasamah (2013) elemen yang perlu diperhatikan dalam pendekatan Outdoor learning adalah alam terbuka, berkunjung ke objek langsung, unsur bermain sebagai dasar pendekatan, guru harus mempunyai komitmen. Metode outdoor learning digunakan sebagai pengembangan karakter anak karena metode ini merupakan sebuah simulasi kehidupan kompleks menjadi sederhana, merupakan pendekatan metode belajar melalui pengalaman, penuh kegembiraan karena dilakukan dengan permainan.

Konteks pembelajaran dalam ilmu sejarah, peserta didik didesain agar mampu mempelajari materi  sejarah secara langsung pada obyek atau sumber yang sebenarnya, dengan demikian pembelajaran sejarah semakin riil. Peristiwa dalam sejarah dapat diamati, dicermati, ditelusur melalui investigasi lapang yang akhirnya peserta didik dapat mengungkap fakta sejarah yang sebenarnya. Dengan metode Outdoor Learning pada hakekatnya peserta didik tersebut lebih bisa memanfaatkan skill yang dimiliki melalui kreativitas mereka, sehingga dapat mengembangkan daya nalarnya terhadap peristiwa sejarah.

Metode outdoor learning  mampu menyajikan kegiatan belajar sejarah lebih menarik dan tidak membosankan peserta didik. Hal tersebut berpotensi peserta didik akan lebih termotivasi, karena dapat mempelajari bukti-bukti sejarah lebih faktual dan akurat, lebih fleksibel dan fresh.Peserta didik dapat menghayati dan memahami banyak aspek peristiwa yang pernah terjadi, sehingga mereka dapat membentuk diri pribadinya sendiri untuk lebih menghargai pelaku dalam peristiwa bersejarah, sehingga karakter peserta didik dapat terbentuk.

Akhirnya, memang tidak dapat dipungkiri bahwa metode pembelajaran pelajaran sejarah melalui outdoor learning dapat meningkaatkan pemahaman pelajaran sejarah karena dapat lebih mudah dipahami dan diingat setiap peristiwa.

 Dra. HARMINI, M.Si

SMA N 1 Gemolong Sragen



Popular

LAINNYA

Terkini