JATENGPOS.CO.ID, – Komunikasi merupakan penghubung antar manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Seseorang yang mempunyai kemampuan komunikasi yang baik akan cenderung lebih mudah beradaptasi dengan siapapun di mana ia berada dalam suatu komunitas dan akan menjadi masalah besar apabila tidak adanya komunikasi yang baik. Komunikasi tidak hanya digunakan dalam kehidupan bermasyarakat, namun komunikasi juga dibutuhkan dalam dunia pendidikan.
Komunikasi matematika diartikan sebagai suatu peristiwa timbal balik atau saling hubungan yang terjadi di lingkungan kelas, di mana terjadi pengalihan pesan matematika yang berupa konsep, rumus, atau strategi penyelesaian masalah. Permasalahan yang ditimbulkan di antaranya suasana pembelajaran Matematika dengan materi pokok bahasan kurang kondusif. Peserta didik kurang aktif karena metode yang digunakan guru kurang tepat dan rendahnya prestasi belajar peserta didik.
Kemampuan komunikasi matematika sangat penting dengan alasan sebagai kekuatan sentral bagi siswa dalam merumuskan konsep dan strategi, sebagai modal keberhasilan bagi siswa terhadap pendekatan dan penyelesaian dalam eksplorasi dan investigasi matematika, sebagai wadah bagi siswa dalam berkomunikasi dengan temannya untuk memperoleh informasi dan bertukar pikiran. Siswa dikatakan komunikatif dalam proses pembelajaran apabila siswa memiliki kemampuan menyampaikan ide matematika secara lisan, secara tertulis, secara gambar, dan menyampaikan ide matematika dengan menjelasakan konsep.
Berdasarkan hasil observasi ditemukan kesulitan siswa dalam belajar yaitu masih kurangnya keaktifan komunikasi matematika dan antusias siswa dalam proses pembelajaran matematika..Kurangnya kemampuan komunikasi matematika dapat dilihat dari hasil observasi yang dilakukan dikategorikan sebagai berikut: siswa yang dapat menyampaikan ide matematika secara lisan, siswa secara tertulis, secara gambar dan dengan menjelaskan konsep . Belum optimalnya kemampuan komunikasi matematis tersebut karena suasana kelas yang tidak kondusif, guru kurang memberi kesempatan siswa untuk berpendapat, metode pembelajaran yang digunakan guru kurang menarik,
Upaya untuk mengatasi masalah guna meningkatan kualitas pendidikan adalah menerapkan Strategi pembelajaran yang diterapkan yaitu strategi Group investigation adalah strategi pembelajaran yang melibatkan siswa sejak perencanaan, baik dalam menentukan topik maupun cara untuk mempelajarinya melalui investigasi, sehingga dapat menuntun para siswa untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi. Keunggulan strategi Group Investigation yaitu: Melatih kemampuan komunikasi dan sosial, Gagasan siswa, tingkat pemahaman subjek, dan investasi kerja semuanya akan terlihat dengan jelas, melatih para siswa untuk mengekspresikan ketertarikan mereka terhadap suatu materi dan saling bertukar pendapat dengan teman sekelas, guru dan siswa dapat berkolaborasi dalam mengevaluasi pembelajaran siswa. Berkaitan dengan keunggulan strategi Group Investigation, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.
Adapun manfaat nya; Manfaat Teoritis dapat memberikan sumbangan kepada pembelajaran matematika .Manfaat Praktis untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran matematika. Manfaat bagi guru dapat digunakan sebagai inovasi pembelajaran matematika dan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Manfaat bagi sekolah dapat digunakan sekolah sebagai referensi untuk menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran matematika.
Keunggulan strategi Group Investigation yaitu: Melatih kemampuan komunikasi dan sosial gagasan siswa, melatih para siswa untuk mengekspresikan ketertarikan mereka terhadap suatu materi dan saling bertukar pendapat dengan teman sekelas, guru dan siswa dapat berkolaborasi dalam mengevaluasi pembelajaran siswa.
Berdasarkan observasi dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi siswa dapat di tingkatkan, sehingga siswa bisa tanya jawab dan membahas materi matematika mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan dengan strategi Group Investigation. Hal itu dikarenakan pembelajaran dengan diskusi kelompok berjalan dengan optimal dan siswa mampu memahami materi dengan baik.
Atmi Naryati,S.Pd
Smk muhammadiyah 2 Sragen