28 C
Semarang
Kamis, 19 Juni 2025

Enrich Vocab By Scrabbling

Mata Pelajaran Bahasa Inggris kurang diminati siswa, khususnya siswa SMP di tempat Penulis melaksanakan tugas. Oleh karena itu banyak siswa yang nilainya jauh dari KKM, sehingga dalam ujian nasional tidak sedikit siswa yang nilanya kurang memuaskan..Itu disebabkan karena mereka tidak memahami bacaan atau teks yang mereka baca,karena siswa miskin akan kosa kata/vocabulary.

Untuk menumbuhkan minat para siswa pada pelajaran Bahasa Inggris, Penulis mencoba mengajar Bahasa Inggris dengan menggunakan Metode Pembelajaran Scrabble. Dengan tujuan agar para siswa menyukai pelajaran Bahasa Inggris, sehingga secara otomatis nilai Ujian Nasional Bahasa Inggris para siswa akan meningkat dan tidak menutup kemungkinan akan sangat memuaskan.

Adapun teknik pelaksanaan Model Pembelajaran Scrabble pada mata pelajaran Bahasa Inggris di SMP N 1 Godong yang penulis ampu yang bertujuan untuk memperkaya kosa kata verbs / advrebs dalam Simplr Present Tensese adalah sebagai berikut:(1).Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu memperkaya kosa kata / verbs dan adverbs dalam simple present tense.(2).Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu memperkaya kosa kata / verbs dan adverbs dalam simple present tense.(3). Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu memperkaya kosa kata / verbs dan adverbs dalam simple present tense.(4). Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu memperkaya kosa kata / verbs dan adverbs dalam simple present tense.(5) Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu memperkaya kosa kata / verbs dan adverbs dalam simple present tense.(6).Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu memperkaya kosa kata / verbs dan adverbs dalam simple present tense.(7).Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu memperkaya kosa kata / verbs dan adverbs dalam simple present tense.(8).Guru mempersiapkan seperangkat huruf dari A-Z yang akan disusun menjadi kata.(9).Guru dapat mengucapkan beberapa kata sesuai dengan rencana, bisa sampai 20 kata. Dengan rincian 15 verbs dan 5 adverb of frequency dalam simple present.(10).Siswa dibagi menjadi kelompok yang beranggotakan antara 2 sampai 4 orang.(11).Setiap kelompok diberi 3 set huruf A-Z. Kemudian Guru mengucapkan sebuah kata kerja/ verbs atau kata keterangan /adverbs dalam Bahasa Indonesia.

Adapun kegiatan siswa sebgai berikut:(1) .Setiap kelompok diberi 3 set huruf A-Z. Kemudian Guru mengucapkan sebuah kata kerja/ verbs atau kata keterangan /adverbs dalam Bahasa Indonesia. Siswa diberi kesempatan atau waktu beberapa menit untuk berdiskusi dalam kelompoknya.,(2)Siswa menyusun huruf menjadi kata sesuai dengan yang diucapkan guru dalam Bahasa Inggris dengan tepat.Langkah selanjutnya Siswa menulis kata yang telah mereka susun pada selembar kertas.:,(3)Guru mengucapkan lagi kata yang lain. Keja / verbs atau kata keterangan / adverbs,selanjutnya siswa berdiskusi dengan temannya dalam kelompok.Mereka menyusun huruf- huruf menjadi kata,dan menuliskannya di selembar kertas. .:,(4)Begitu seterusnya sampai semua kata yang ditargetkan diucapkan oleh guru,.:,(5)Tahap berikutnya setiap kelompok bergantian menuliskan kata-kata yang telah mereka susun pada papan tulis.,,(6)Guru dan siswa bersama-sama mengoreksi kta-kata yang ada di papan tulis :,(6)Siswa mencatat semua kata-kata yang telah mereka susun dan menghafalkannya beserta artinya :,(7)Untuk evaluasi Guru mengucapkan kata kerja atau verbs / kata keterangan/ adverbs dalam Bahasa Indonesia dan para siswa menuliskan Bahasa Inggrisnya.

Demikian penjelasan singkat dan sederhana yang Penulis jabarkan.Dengan ini penulis menyimpulkan dengan metode Scrabble dapat menghasilkan Nilai Bahasa Inggris siswa di SMP N 1 Godong dapat memenuhi KKM. Hal ini menunjukkan siswa telah menyukai Mata pelajaran Bahasa Inggris dan dalam Ujian Nasional Bahasa Inggris para siswa akan memperoleh nilai yang sangat memuaskan.

Siti Lestari, S.Pd.
Guru SMPN 1 Godong,
Grobogan



Popular

LAINNYA

Terkini