29.1 C
Semarang
Rabu, 8 Oktober 2025

QRIS Jelajah Budaya Indonesia, Perpaduan Inklusi Keuangan dan Pariwisata

*Diikuti 42 peserta dari 14 KPw BI se-Jawa

 

JATENGPOS.CO.ID, MAGELANG- QRIS Jelajah Budaya Indonesia (QJI) Wilayah Jawa 2025 memasuki babak final dan resmi digelar pada 2-4 Oktober 2025. Ajang ini dimulai dari Taman Lumbini, Borobudur, Magelang, dengan diikuti 42 peserta dari 14 Kantor Perwakilan BI se-Jawa.

“Misi utama QJI adalah mendekatkan masyarakat dengan ekosistem pembayaran digital, dari QRIS hingga cinta bangga paham Rupiah,” ujar Kepala Perwakilan BI Jawa Timur, Ibrahim, selalu koordinator Bank Indonesia wilayah Jawa.

Dijelaskan, kompetisi ini menjadi momentum sinergi antar-KPwDN dalam memperluas akseptasi QRIS. Peserta berasal dari latar belakang beragam, mulai siswa, mahasiswa, wiraswasta, hingga kreator konten.

“QRIS Jelajah Budaya Indonesia bukan sekadar lomba, tetapi gerakan bersama untuk mengedukasi masyarakat tentang pembayaran digital,” jelasnya.

Baca juga:  XL Axiata Umumkan Rencana Penawaran Umum Obligasi dan Sukuk Ijarah Berkelanjutan

Kepala Perwakilan BI Jawa Tengah, Rahmat Dwisaputra menambahkan, para peserta berkelompok 2-3 orang dan harus menjalankan misi lapangan. Semua aktivitas wajib didokumentasikan melalui video dan diunggah ke media sosial sebagai sarana edukasi jangka panjang.

QJI Wilayah Jawa menghadirkan tujuh misi utama. Misi pertama adalah edukasi dan QRIS Experience di kawasan Candi Borobudur, Magelang.

Misi kedua membawa peserta mencoba QRIS di sektor transportasi Trans Jogja dan sosialisasi elektronifikasi transportasi di Tugu Golong Giling Yogyakarta. Misi ketiga berupa edukasi CBP Rupiah kepada masyarakat di Pasar Beringharjo.

Misi keempat mengajak peserta membuat vlog budaya di Kampung Kauman, Surakarta. Misi kelima adalah sosialisasi perlindungan konsumen di Dusun Semilir, Kabupaten Semarang.

Baca juga:  New Honda ADV 160 Hadir di Festival Kota Lama

Dua misi terakhir dilakukan di Kota Semarang. Misi keenam berupa QRIS Experience retribusi digital di Kota Lama, sementara misi ketujuh adalah sosialisasi BI-FAST di kawasan Lawang Sewu.

“Dengan konten digital, pesan edukasi bisa menjangkau generasi muda secara lebih efektif,” imbuhnya.

Sementara, data hingga Agustus 2025 mencatat volume QRIS nasional mencapai 8,8 miliar transaksi atau 136,6% dari target. Pulau Jawa menyumbang 7,5 miliar transaksi atau 85% dengan dominasi merchant UMKM.

“Capaian ini menunjukkan QJI menjadi katalis penting untuk mendorong akseptasi QRIS dan memperluas inklusi keuangan,” tandasnya.(aln)


TERKINI


Rekomendasi

...