JATENGPOS.CO.ID, JAKARTA — PT Kereta Api Pariwisata (KAI Wisata) bersiap menghadirkan pengalaman baru dalam dunia festival musik Indonesia. Melalui kolaborasi strategis dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero), Now Playing Festival (NPF) 2025 akan digelar pada 30 November mendatang di Tritan Point, Bandung.
Untuk pertama kalinya sejak berdiri pada 2019, NPF sepenuhnya diselenggarakan oleh KAI Wisata melalui lini bisnis Tour & MICE. Langkah ini menjadi penanda keseriusan perusahaan dalam memperluas kiprah di sektor pariwisata kreatif dan hiburan nasional.
Festival musik tersebut menargetkan 25.000 penonton dengan dua kategori tiket: Festival Rp200.000 dan VIP Rp400.000. Hingga hari ini sudah terjual 16.000 tiket, dan diprediksi ludes saat pembelian on the spot.
Direktur Operasi KAI Wisata Eko Januardi menyebut NPF 2025 bukan hanya hiburan, tetapi momentum transformasi.
“Now Playing Festival 2025 adalah langkah besar KAI Wisata untuk memperluas layanan pariwisata kreatif dan MICE di Indonesia,” kata Eko.
Lebih dari 30 musisi dipastikan tampil, di antaranya Tulus, Juicy Luicy, Denny Caknan, Maliq & D’Essentials, Rizky Febian, Barasuara, Nadhif Basalamah, dan JKTT 448. Konser ini diproyeksikan memberi dampak ekonomi signifikan bagi pariwisata Jawa Barat dan sektor kreatif nasional.
NPF 2025 mengusung konsep “Kolaborasi Transportasi, Musik, dan Pariwisata”. Pengunjung bisa menikmati layanan festival yang terintegrasi dengan moda transportasi kereta api. Kemudahannya meliputi: Paket perjalanan menggunakan KAI dan KAI Wisata; Akses transportasi ramah lingkungan; Branding festival berbasis railway tourism; dan Pengelolaan event profesional oleh tim Tour & MICE.
“Kami memastikan perencanaan hingga pelaksanaan mengikuti standar tinggi Tour & MICE KAI Wisata,” imbuh Eko.
KAI Wisata menyiapkan manajemen venue, pengaturan crowd, sistem tiket, hingga pelayanan bagi artis dan pengunjung. Tahun 2025 menjadi pembuktian bahwa KAI Wisata siap bersaing di industri event berskala nasional.
Vice President Tour & MICE, Agus Purwanto menambahkan, sinergi dengan KAI Group membuat mobilitas penonton lebih efisien dan aman. Menurutnya, NPF 2025 akan mengangkat citra railway tourism sebagai tren baru perjalanan musik dan rekreasi.
“Kolaborasi ini memberi dampak besar pada efisiensi pergerakan penonton dan peningkatan keselamatan,” ujarnya.
KAI juga melihat potensi besar para generasi muda (milenial & Gen Z) sebagai pasar utama festival. Ke depan, KAI Wisata menargetkan menjadi Travel & Event Partner terpercaya untuk event internal maupun eksternal berskala nasional dan internasional.
“Kami berharap NPF 2025 menjadi titik awal KAI Wisata untuk melahirkan event kreatif yang lebih besar di masa depan,” tutup Eko Januardi.(aln)












