31.7 C
Semarang
Selasa, 2 Desember 2025

XLSMART Pulihkan Jaringan Pascabanjir Sumatra

*Bantuan untuk Korban Terus Mengalir



JATENGPOS.CO.ID, MEDAN- Pasca bencana banjir dan longsor yang melanda sejumlah wilayah di Sumatra pada akhir November lalu, XLSMART bergerak cepat memulihkan jaringan telekomunikasi. Langkah ini menjadi prioritas agar masyarakat dan tim penanggulangan bencana tetap dapat berkomunikasi dengan lancar.

Proses pemulihan jaringan dilakukan selama 24 jam oleh tim teknis di lapangan. Sejumlah BTS mengalami gangguan akibat genangan banjir dan akses yang tertutup material longsor. XLSMART memastikan operasional tetap berjalan meski kondisi di lapangan penuh tantangan.

“Kami prihatin atas bencana yang menimpa sejumlah wilayah di Sumatra. Tim teknis kami terus bekerja intensif agar jaringan tetap tersedia, terutama untuk kepentingan masyarakat dan pihak otoritas di lokasi bencana,” ujar Regional Group Head XLSMART West Region, Desy Sari Dewi.

Ia menjelaskan, akses wilayah yang sulit dijangkau serta keterbatasan pasokan BBM menjadi hambatan utama pemulihan jaringan. Meski demikian, XLSMART telah mengerahkan genset dan melakukan mobilisasi teknisi ke beberapa lokasi terdampak untuk mempercepat pemulihan layanan.

Baca juga:  PLN Dukung Kelancaran Muktamar Sufi Internasional Lewat Pasokan Listrik Andal

Hingga Senin (1/12), tercatat 691 BTS masih terdampak, terdiri dari 538 BTS di Aceh, 120 BTS di Sumatra Utara, dan 33 BTS di Sumatra Barat. Sebagian wilayah sudah mulai pulih, namun sejumlah titik prioritas masih dalam proses perbaikan.

Bantuan Kemanusiaan Mulai Disalurkan

Tak hanya fokus pada jaringan, XLSMART juga menggelar program CSR “XLSMART Peduli Bencana Sumatra”. Bantuan darurat meliputi sembako, makanan ringan, kebutuhan bayi, pakaian, dan minuman. Distribusi dilakukan bersama mitra kolaborasi DT Peduli, UMKM lokal, mitra diler, dan aparat setempat.

Penyaluran bantuan telah dimulai sejak Jumat (28/11/2025) dan menyasar enam wilayah terdampak terparah yaitu Pidie Aceh, Lhoksumawe, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Padang Pariaman, dan Tanah Datar. Bantuan akan terus bergulir hingga seluruh wilayah menerima distribusi.

Baca juga:  Pemerintah Dorong Pemulihan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

“Dengan kondisi yang terbatas, kami berusaha maksimal agar bantuan menjangkau semua titik pengungsian. Semoga ini dapat sedikit meringankan beban para korban,” ungkap Desy.

Komunikasi Jadi Akses Vital di Lokasi Bencana

XLSMART menegaskan bahwa jaringan telekomunikasi merupakan urat nadi informasi saat bencana. Karena itu, pemulihan jaringan dan penyediaan akses komunikasi menjadi bagian penting dari upaya kemanusiaan perusahaan di Sumatra.

Saat ini, XLSMART melayani lebih dari 14 juta pelanggan di pulau Sumatra, dan didukung lebih dari 47.000 BTS. Perusahaan memastikan kualitas jaringan tetap dijaga agar komunikasi darurat dapat berjalan tanpa hambatan.(aln)



TERKINI


Rekomendasi

...