Empat Pilar Kebangsaan Perkuat Persatuan Masyarakat Dalam Mengatasi Pandemi Covid19

Anggota MPRRI Bambang Sutrisno saat menyampaikan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Banjarsari, Solo. Foto : Ade Ujianingsih/Jateng Pos

JATENGPOS.CO.ID, SOLO – Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaaterus digaungkan, dan masih menjadi tugas wajib anggota MPRRI. Seperti agenda sosialisasi yang dilaksanakan Bambang Sutrisno Anggota DPD RI / MPR RI melaksanakan Sosialisasi empat pilar Kebangsaan, bersama ibu PKK Kelurahan Banjarsari Kota Surakarta dan alumni perias hasil binaan PKBM Martarubi Kota Surakarta.

“Bangsa kita masih menghadapi pandemi covid19 yang belum tahu kapan berakhirnya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menjaga kesatuan dan persatuan bangsa serta mengingatkan kita semua perlu kebersamaan dalam menghadapi pandemi Covid19,” ungkap Bambang Sutrisno, dalam acara sosialisasi di PKBM Martarubi Sekip, Banjarsari, Surakarta, Sabtu (29/5/2921).

Ditambahkan Bambang, Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri dari berbagai pulau, suku, Agama, bahasa, ras dan golongan, sehingga untuk menyatukan keanekaragaman yang ada diperlukan pemahaman bersama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Senator Dapil Jawa Tengah ini berharap melalui kegiatan ini bisa menambah wawasan dan kemantapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita tidak boleh lengah untuk semangat menjaga NKRI, mengamalkan nilai Pancasila dan UUD 45, mengingat ancamanecah belah bangsa itu bisa datang kapan saja dimana saja. Baik aksi teror dalam negeri maupun dari luar negeri,” tandas Bambang.

Sosialisasi empat pilar juga menghadirkan Nara Sumber Dr.Drs.Sugiaryo (Ketua Laboratorium Pancasila Unisri Surakarta) dan Dr.Anita Trisiana (Ketua LPPM Unisri Surakarta), hadir juga Ibu Dra.Sri Hartini (Dekan FKIP Unisri Surakarta), yang menyampaikan materi Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

Dalam diskusi banyak masukan agar pendidikan Pancasila diperkuat baik dari Paud sampai Perguruan Tinggi untuk memperkuat pemahaman Wawasan Kebangsaan terhadap generasi muda dan menggelorakan agar pilar kebangsaan dapat tersebar di seluruh masyarakat Indonesia.

Dr Sugiaryo mengatakan materi Empat Pilar Kebangsaan penting disebar luaskan agar masyarakat lebih memahami guna merajut dan merawat suasana ketentraman ditengah tengah kehidupan masyarakat, hidup rukun, aman, nyaman, damai penuh kegotongroyongan yang muaranya menjadikan negara kuat.

“Mengingat materi empat pilar kebangsaan ini mengandung nilai nilai luhur dalam membentuk karakter bangsa untuk menciptakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dengan mengutamakan Persatuan dan Kesatuan,” tegas Dr Sugiaryo.(Dea/bis)