Evaluasi Pelaksanaan Pelaporan R1PUS oleh Kader PPKBD/Sub PPKBD

JATENGPOS.CO.ID,  DEMAK – Kader PPKBD dan kader Sub PPKBD adalah kader desa yang mempunyai tugas membantu tersebarnya informasi KB ke masyarakat dan membantu dalam menciptakan pembangunan keluarga sejahtera. Untuk itu kemarin Rabu (20/4) diadakan Kegiatan Pembinaan Kader di Balai Penyuluhan KB Kecamatan Bonang, yang dihadiri oleh Soekardjo, SKM, M. Kes selaku Kabid P2PP dan Ahlam Kamal, MM selaku Sub Koordinator Advokasi, KIE dan penggerakan Dinpermades P2KB.

Menurut Ahlam Kamal, MM selaku Sub Koordinator Advokasi, KIE kegiatan kali ini mengevaluasi pelaksanaan pelaporan R1PUS oleh kader PPKBD/Sub PPKBD dikarenakan laporan R1 PUS ini menjadi pedoman bagi kader PPKBD dan Sub PPKBD selama bekerja di lapangan. Sehingg diharapkan kader PPKBD/Sub PPKBD harus melakukan pengisian format R1 PUS secara benar sebagai implementasi dari Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Program Bangga Kencana/Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga  yang telah dilakukan ke masyarakat.

“Pengisian R1 PUS ini harus dilakukan secara rutin setiap bulan secara benar, karena dari informasi yang ada pada isian R1 PUS ini dapat dilihat perkembangan semua pasangan usia subur (PUS) warga di wilayah masing-masing, serta dapat dilakukan pendampingan yang tepat sesuai kondisi yang ada,” ujarnya kepada wartawan.

“Dengan demikian, apabila perkembangan semua PUS telah dapat dipantau secara baik dan diikuti dengan penggerakan kelompok kegiatan secara baik pula, dan didapat data yang pasti dan jelas,” imbuh Ahlam kemudian.

Selanjutnya Ahlam Kamal, MM juga menyampaikan terkait persiapan kegiatan TPK yang akan segera dilaksanakan. Diharapkan para kader sudah membuat akun dan login ke dalam Elsimil, persiapan mencari target dan tetap solid dalam kegiatan TPK mengingat kegiatan ini merupakan kegiatan Tim bukan personal.

“Dengan adanya kegiatan pembinaan kader ini diharapkan kegiatan Progam Bangga Kencana di lingkungan wilayah kerja Kecamatan Bonang semakin lebih baik dan kompak selalu,” pungkasnya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa kegiatan ini juga dalam rangka mendukung program pemerintah pada Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga di tingkat desa. Mereka berperan dalam melakukan penyuluhan, pembinaan pelayanan KB, membina kelompok catur bina, serta membantu melakukan penyuluhan kepada aseptor KB.

PPKBD merupakan kader yang secara sukarela berperan aktif melaksanakan dan mengelola program KB di tingkat desa atau kelurahan. Selain itu, terdapat pula Sub PPKBD yang juga bertugas dalam melaksanakan atau mengelola program KB di tingkat RT. Sedangkan tugas mereka diantaranya adalah membuat rencana kerja, mendata sasaran dan potensi sumber daya (pemetaan), mengkoordinasikan kegiatan/program dengan pihak terkait, mengelola dan membina program Keluarga Berencana di tingkat Desa, memberikan penyuluhan, memberikan motivasi, dan memberikan konseling kepada masyarakat. (*)