EVDS Jadi Solusi PLN untuk Kendaraan Listrik

- EVDS- PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Salatiga melakukan pengenalan Electric Vehicle Digital Service (EVDS) di aplikasi PLN Mobile kepada pemilik dan calon pemilik kendaraan listrik. FOTO : DOK.HUMAS/ANING KARINDRA/JATENG POS

JATENGPOS.CO.ID,  SALATIGA- Menjelang Idul Adha 2024, PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Salatiga terus melakukan pengenalan kepada pemilik dan calon pemilik kendaraan listrik tentang kemudahan penggunaan Electric Vehicle (EV)/ Kendaraan Listrik. Salah satunya adalah fitur Electric Vehicle Digital Service (EVDS) di aplikasi PLN Mobile.

Melalui fitur EVDS ini pengguna kendaraan listrik dapat mengetahui titik-titik charging di tempat umum sehingga pengendara tidak perlu ada rasa khawatir saat berkendara terutama saat perjalanan jauh.

Manager PLN UP3 Salatiga, Nurhidayanto Nugroho menyampaikan, fitur EVDS merupakan salah satu inovasi PLN untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggannya. “Pengguna kendaraan listrik dapat memanfaatkan EVDS pada aplikasi PLN Mobile untuk menemukan titik – titik lokasi Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) terdekat. Fitur ini sangat bermanfaat terutama saat-saat keramaian seperti Hari Raya Idul Adha yang sebentar lagi menjelang,” ungkap Nugroho.

Menurut Nugroho keuntungan charging melalui EVDS di PLN Mobile ini, apabila terdapat sisa kWh maka akan dikembalikan ke saldo PLN Mobile pelanggan.

Hal ini dialami langsung oleh Reni, salah satu pengguna mobil listrik yang saat ditemui tengah melakukan charging di SPKLU PLN UP3 Salatiga (28/05). Reni memberikan respon positifnya atas langkah PLN dalam memperkenalkan EVDS.

“Fitur EVDS ini sangat membantu sekali, Saya bisa dengan mudahnya menemukan SPKLU dan tidak takut kehilangan sisa kwh yang tidak terpakai karena sisanya jadi saldo PLN Mobile saya,” ujar Reni.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, Mochamad Soffin Hadi menyampaikan PLN terus berkembang sesuai dengan visi perusahaan, digitalisasi menurutnya mempermudah segala lini pelayanan perusahaannya kepada masyarakat.

“Aplikasi PLN Mobile sudah terkoneksi pelayanan PLN dari segala lini, termasuk menemukan SPKLU juga saat ini lebih mudah. Melalui PLN Mobile semua makin mudah,” terangnya.

Soffin menambahkan bahwa 66 titik SPKLU tersebar se-Jateng DIY saat ini telah dapat diakses lokasinya melalui PLN Mobile. Selain itu juga terdapat 465 Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) yang dapat diakses di kantor-kantor PLN se-Jateng DIY.

“Saat ini untuk SPLU terdapat 465 unit yang tersebar berlokasi di seluruh unit kami, yaitu 14 PLN Unit Pelaksana dan 79 PLN Unit Layanan di Jateng DIY. Segera dalam waktu dekat informasi titik lokasi SPLU juga dapat diakses melalui PLN Mobile,” tutup Soffin.(aln)