Festival Gedong Songo 2021, Mulai Bangkit Wisata Lokal

Festival Gedong Songo salah satu agenda wisata Kabupaten Semarang yang ditunggu masyarakat. FOTO:DOK/ST/JATENGPOS

JATENGPOS.CO.ID, UNGARAN– Kondisi pariwisata diberbagai daerah termasuknya daerah Kabupaten Semarang terkena dampak pandemi. Bertujuan ingin membangkitkan kembali sektor pariwisata di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, pada hari Selasa 23 November 2021 melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang menggelar Festival Gedong Songo 2021.

Urutan acara dalam gelaran Festival Gedong Songo dimulai dengan acara ritual reresik bertempat di Candi satu ,Candi Gedong Songo.

Dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang Dewi Pramuningsih mengutarakan, acara reresik atau pembersihan candi menggunakan air dari tiga sumber yakni Bandungan, Sumowono, Jambu.

“Kegiatan itu melambangkan niat yang suci untuk menjaga kebudayaan dan kesejahteraan Kabupaten Semarang,” kata Dewi.

Gelaran Festival ini Dewi menambahkan bertujuan juga sebagai promosi wisata di lokasi Gedong Songo yang aman dan sehat, karena dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, sekaligus ingin menggairahkan kembali wisata yang ada di Kabupaten Semarang.

Gelaran Festival Gedong Songo ini, Bupati Semarang Ngesti Nugraha menyampaikan dengan terselenggaranya festival ini karena Kabupaten Semarang sudah berstatus Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level I dan vaksinasi sudah mencapai sekitar 84 persen.

“Festival Gedongsongo 2021 untuk bisa mendorong dan membangkitkan pelaku seni untuk bisa tampil dan ada juga pameran UMKM yang ada di Kabupaten Semarang,” kata Ngesti Nugraha.

Selain pertunjukan seni, Festival Gedongsongo juga diisi pameran UMKM, batik, dan cinderamata khas dari Kabupaten Semarang.

“Kita terus melakukan pembenahan demi kemajuan Kabupaten Semarang. Kegiatan Festival Gedong Songo 2021 juga untuk mengangkat hasil-hasil pertanian yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan juga meningkatkan pendapatan asli daerah kita,” imbuh Ngesti. (hrt/muz)