Festival Kota Lama Semarang 2023 Tampilkan Kulturasi Ragam Budaya

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Festival Kota Lama Semarang 2023 telah resmi dibuka oleh Menparekraf RI Sandiaga Uno secara virtual. Kemudian, dilanjutkan oleh Staf Ahli Kemenparekraf Dadang Abadi yang hadir langsung pada sesi pembuka event tersebut.
Event tahunan ke – 12 yang mengusung tema ” Heritage in Harmoni ” ini menampilkan keragaman budaya khas Kota Semarang digelar selama 10 hari pada 7-17 September 2023.

Dadang Abadi Staf Ahli Kemenparekraf RI, mengatakan, Festival Kota Lama Semarang telah menjadi agenda resmi event pariwisata Nasional.
“Event ini masuk dalam Top 10 agenda promosi pariwisata Nasional yang dikemas dalam satu event yang menampilkan ragam kegiatan dan berpusat di Kota Lama Semarang”, ujarnya dalam sambutan singkatnya, di Borsumy Heritage, Kamis (7/8) malam.

Kemenparekraf RI berharap, Festival Kota Lama Samarang, kedepan terus mampu berkembang dan menampilkan seluruh kultur ragam budaya dan seni khas Kota Semarang.

Ditempat yang sama, Wing Winarso Kadisbudpar Kota Semarang yang mewakili Wali Kota Semarang, mengatakan, event ini bertujuan untuk melestarikan kulturisasi Kota Lama Semarang.
“Kawasan Kota Semarang Lama telah ditetapkan sebagai cagar budaya tingkat nasional pada tahun 2020 yang terdiri dari empat situs, yaitu Kampung Kauman, Kampung Melayu, Kampung Pecinan, dan Oudestad”, kata Wing.

Dijelaskan, Festival Kota Lama bertujuan untuk pelestarian cagar budaya dan menggiatkan pariwisata berskala nasional hingga internasional, sekaligus ajang kreativitas bagi para insan kreatif dan penggiat sejarah dan seni budaya.
“Berbagai kegiatan menarik akan disuguhkan selama 10 hari penyelenggaraan, seperti kuliner nostalgia Pasar Sentiling, produk unggulan UMKM,¬†Expo, Nusantara Folklore Festival dan masih banyak lagi. Kedepan, event ini akan kami kembangkan tidak saja fokus pada Kota Lama Semarang, namun juga bakal menampilkan ragam dan budaya yang ada di Kota Semarang”, terang Wing Winarso.

Berbagai kegiatan diantaranya, UMKM, Kuliner, panggung seni, wayang orang on the street, dan masih banyak lagi, menjadi agenda semarak Festival Kota Lama Semarang guna menarik kunjungan wisatawan di Kota Semarang. (ucl)