Festival UMKM Salatiga Bangkitkan Perekonomian Masyarakat

Kabag Prokompin Arief Suryadi bersama Lilis Retno Murdiningsih selaku Bidang Ekonomi Kreatif saat menjelasakan UMKM Festival Saya Salatiga. ( foto : dekan/ jateng pos)

JATENGPOS.CO.ID, SALATIGA – Pemkot Salatiga bersama Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Salatiga ( Ikasmansa) menggelar UMKM Festival Saya Salatiga yang merupakan rangkaian Hari Jadi ke-1272 Salatiga. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, yaitu Jumat (5/8) hingga Minggu (7/8) di komplek balaikota dan DPRD.

Kepala Bappeda Kota Salatiga Muthoin menyambut baik kolaborasi antara Pemkot Salatiga dengan Ikasmansa dalam kegiatan ini dan berharap mendapat sambutan dari masyarakat. Sesuai dengan temanya yaitu UMKM festifal, lanjut Muthoin, maka dengan kegiatan ini dapat membangkitkan kembali UKMK di Salatiga yang sempat terpuruk selama Pandemi Covid-19.

” Dan yang tak kalah pentingnya, bagaimana caranya agar orang tertarik untuk datang mengunjungi acara ini. Salah satunya dengan event, semisal diadakan lomba untuk anak. Kalau anak datang, pasti diikuti oleh orang tuanya, tapi kalau lomba orang tua, anak belum tentu datang,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Salatiga Roch Hadi memberikan apresiasi atas kegiatan yang diinisiasi oleh Iksmansa ini dan berharap kegiatan untuk mempromosikan UMKM Salatiga ini bisa berhasil.

” Karena apa, Salatiga selama masa pandemi ini, pelaku-pelaku UMKM lumpuh, saat ini pandemi sudah terkendali dan ekonomi sudah menggeliat sehingga dengan adanya event seperti ini menjadikan suatu motivasi bagi UMKM untuk bangkit,” katanya.

Sementara, Ketua Umum Ikasmansa, Pujo Suseno yang hadir melalui zoom meeting mengucapkan terimakasihnya kepada Pemkot Salatiga yang memberikan suport dan dukungan atas terselenggaranya kegiatan ini. Pujo berharap dengan kegiatan ini dapat mensuport UMKM di Salatiga untuk mempromosikan dagangannya.

Hal senada diungkapkan Lilis Retno Murdiningsih selaku Bidang Ekonomi Kreatif menjelaskan, UMKM Festival Saya Salatiga ini untuk mempromosikan dan menyajikan bagaimana produk-produk UMKM Salatiga ke masyarakat luas.

“ Supaya masyarakat Salatiga tidak pergi kemana-mana, berbelanja di UMKM-nya sendiri melalui festival ini,” katanya.

Dikatakan Lilis, sejumlah kategori UMKM dari berbagai jenis hadir di festival ini, baik itu kuliner, kerajinan, fashion dan sebagainya.

“ Peserta UMKM dari Salatiga, belum menerima dari luar, karena ini untuk mempromosikan dan membangun UMKM Salatiga, namun tidak menutup kemungkinan nantinya menjangkau dari luar,” imbuhnya.

Dikatakan Lilis, kegiatan festival UMKM ini juga dimeriahkan berbagai lomba dan hiburan untuk masyarakat selama tiga hari penuh, diantaranya lomba mural, pameran karya, panggung hiburan dan malam penghargaan. (deb)