Gaya Kepemimpinan Dalam Mengelola Kinerja Anggota Pada Era Saat Ini

- Faried Yuniarso, Mahasiswa Beasiswa CSR Magister Manajemen Angkatan 72, Universitas Islam Sultan Agung Semarang

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Keberadaan seorang pemimpin sangatlah dibutuhkan dalam sebuah organisasi dengan target yang sudah diinginkan oleh setiap perusahaan, pada setiap pemimpin memiliki gaya kepemimpinan berbeda-beda untuk mengelola setiap perusahaan apalagi dengan menerapkan system pengelolaan yang akan diterapkan pada anggotanya guna kepentingan bersama dan mengetahui kinerja setiap anggotanya.

Seorang pemimpin sangat mempengaruhi pada setiap kinerja semua anggota sedangkan kepemimpinan itu sangat mencerminkan karakter individu. Karakter individu setiap pemimpin sangatlah mempengaruhi di era sekarang yang dimana anggota pada setiap perusahan memiliki berbagai tipe karyawan milenial antara lain :

  1. Tipe karyawan yang memiliki ambisius yang tinggi akan pekerjaan,
  2. Tipe karyawan pekerja keras,
  3. Tipe karyawan yang ingin bebas dalam bekerja
  4. Tipe Karyawan yang senang dipuji
  5. Tipe Karyawan yang dapat bekerja dan membangun sebuah team
  6. Tipe karyawan yang dapat bekerja secara individu
  7. Tipe karyawan yang sensitive,
  8. Tipe karyawan yang kreatif,
  9. Tipe Karyawan yang tidak mudah diatur
  10. Tipe karyawan yang mempunyai jiwa kepemimpinan yang bagus

Dalam hal ini dapat di simpulkan bahwa gaya kepemimpinan sangat memiliki peran penting di sebuah organisasi dalam memperhatikan keharmonisan kerja, kekompakan, kreativitas kerja untuk menunjang produktifitas penjualan pada sebuah perusahaan sehingga perusahaan dapat mencapai target yang sudah mereka incar sesuai dengan planning.

Pada masa pandemic covid-19 saat ini pekerja hanya berfikir untuk bertahan sehingga dengan gaya kepemimpinan seperti bagaimanapun akan mereka terima bukan hanya pekerja milenial saja yang mengalaminya akan tetapi generasi x, generasi y, dan generasi alpha juga akan menerima keadaan yang sedang terjadi saat ini, jika mereka mendapatkan gaya kepemimpinan yang mendukung mulai dari tingkat religios dan tingkat emosional pada individu pekerja perusahaan akan mengalami tingkat provit yang baik. Dalam setiap individu memiliki berbagai macam karakter dalam setiap gaya kepemimpinanpun pasti ada berbagai tipe :

  1. Gaya kepemimpinan yang memilikan tujuan tanpa harus berada di tempat dan memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap setiap karyawan
  2. Gaya Kepemimpinan yang memperhatikan karyawan akan kebutuhan dan dapat memecahkan masalah dengan berinteraksi langsung dengan mencapai target yang diinginkan
  3. Gaya kepemimpinan yang mengikut sertakan karyawan dalam mengambil keputusan dan mengutamakan diskusi untuk memecahkan sebuah masalah
  4. Gaya kepemimpinan yang menekankan aturan perusahaan dan mengapresiasi pada setiap anggota serta tidak segan dalam memberikan sanksi jika terjada masalah terhadap anggota supaya dapat mencapai target yang diinginkan
  5. Gaya kepemimpinan yang memberikan kebebasan terhadap anggota supaya berinovasi, memberikan keputusan dan kreatif dalam kinerja setiap anggota
  6. Gaya kepemimpinan yang selalu memberikan inspirasi pada setiap anggota dengan visi misi yang kuat dan merangkul anggota untuk mencapai target sehingga tanpa kehadirannya akan berpengaruh negative dalam sebuah organisasi
  7. Gaya kepemimpinan yang mengambil alih secara menyeluruh dalam keputusan yang mutlak

Pada beberapa jenis gaya kepemimpinan diatas merupakan peran penting yang akan terjadi di sebuah organisasi untuk meningkatkan profit suatu perusahaan ataupun collapsenya pada perusahaan tersebut.

Peran akan sebuah gaya kepemimpinan terhadap setiap karyawan memiliki sebuah pengaruh besar meskipun tidak begitu terlihat. Karyawan lebih suka melakukan pekerjaan yang menurutnya sesuai mood atau bisa di katakana kebebasan dalam bekerja akan tetapi sesuai dengan target yang telah di tetapkan oleh pemimpin.

Seorang karyawan yang memiliki ego yang tinggi dan memiliki mood atau suatu kebebasan mereka juga sangat memegang sebuah perintah yang sudah diberikan oleh atasan untuk di selesaikan karena generasi saat ini merasa ingin tau dan merasa tertantang dalam menyelesaikan sebuah masalah sehingga generasi sekarang merupakan generasi yang sangat produktif ketika masalah datang dalam sebuah perusahaan.

Dalam meningkatkan kinerja untuk generasi saat ini dengan cara memberikan dorongan dan apresiasi sehingga mereka dapat selalu berinovasi dan berambisius dalam memperoleh reward yang telah diberikan oleh perusahaan.

Generasi pada era saat ini merupakan generasi yang memiliki jiwa muda akan bekerja (workaholic), generasi ini selalu memiliki titik jenuh dalam kesendiriannya oleh karena itu untuk mengisi waktu luang akan setiap aktivitas mereka beralih dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Workaholic bisa di sebabkan akan kesukaan dia bekerja dengan sebuah lingkungan yang memadai disertakan kepemimpinan yang berkontribusi baik.

Disisi lain generasi saat ini tidak bisa dilakukan penekanan akan pressure yang sangat tinggi dikarenakan mereka menginginkan lingkungan kerja yang nyaman dengan jam kerja yang fleksibel. Jika terlalu di tekan dan tidak memiliki kenyamanan dalam situasi kerja akan menimbulkan tingkat ke stresan dalam setiap pekerja dan pekerja tidak nyaman akan situasi tersebut sehingga memutuskan untuk mencari Susana baru dengan ini tingkat profit perusahaan yang sebelumnya memiliki keuntungan yang stabil dengan adanya penggantian pekerja secara terus menerus akan mengalami naik turunya produksi perusahaan.

Oleh karena itu gaya kepemimpinan di harapkan agar dapat memperhatikan setiap karyawan guna membangun kinerja yang baik pemimpin harus memperhatikan sebuah etika dan moral-moral karyawan setiap individu dimana sikap suatu individu sangat berpengaruh dengan miningkatkan sebuah kepercayaan terhadap Tuhan-Nya, perusahaan juga akan memperoleh profit yang berkah dan kenyamanan dalam lingkungan sehingga karyawan merasa memiliki ketenangan hati dalam bekerja.

 

Faried Yuniarso,

Mahasiswa Beasiswa CSR Magister Manajemen Angkatan 72, Universitas Islam Sultan Agung Semarang