“Greeting Card” dengan PBL Kelas VIII SMP Negeri 16 Purworejo

Lasmini, M.Pd.

Tujuan melaksanakan Penelitian ini : (1) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi teks fungsional pendek berbentuk “Greeting Card”. (2) Untuk mengetahui seberapa tinggi pemahaman dan penguasaan materi teks fungsional pendek berbentuk “Greeting Card” setelah diterapkannya pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang didasarkan pada permasalahan siswa mengerjakan tes tulis pada materi teks fungsional pendek berbentuk “Greeting Card”, banyak jawaban yang kurang tepat sehingga tidak bisa memenuhi nilai Kriteria Ketuntasan Minimal. Sasaran siswa kelas VIII E SMP Negeri 16 Purworejo yang berjumlah 32 siswa.

 Keterampilan membaca memegang peranan penting dalam kegiatan pembelajaran. Karena di dalam kegiatan membaca ada suatu proses yang dilakukan untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata. Membaca dapat pula dianggap sebagai suatu proses untuk memahami yang tersirat dalam yang tersurat, melihat pikiran yang terkandung di dalam kata-kata yang tertulis. Makna bacaan tidak terletak pada halaman tertulis tetapi berada pada pikiran pembaca.

Salah satu tujuan pembelajaran bahasa Inggris adalah agar peserta didik mampu untuk berkomunikasi secara lisan maupun tertulis. Empat keterampilan utama dalam pembelajaran bahasa inggris meliputi keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Empat ketrampilan ini merupakan satu kesatuan yang utuh dan tidak bisa dipisah-pisahkan. Tetapi dalam penyampaian materi, proses kegiatan pembelajaran dan penilaiannya dapat dilakukan terpisah agar dapat mencapai hasil yang maksimal.

Pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa sehingga mampu menangkap makna dalam teks tulis fungsional berbentuk “Greeting Card”. Model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) yang dapat dilakukan oleh seorang guru guna lebih meningkatkan hasil belajar siswa di kelas. Penyajian materi dalam model pembelajaran ini selalu dikaitkan dengan permasalahan kehidupan sehari-hari sehingga siswa lebih mudah memahami isi pelajaran dan menuntut siswa untuk aktif berpikir.Kondisi itu memerlukan adanya tindakan kelas (classroom action) yang merupakan bentuk kajian oleh pelaku tindakan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan tugas serta memperbaiki kondisi praktik pembelajaran yang telah dilakukan.

Adapun tujuan diadakannya penelitian ini adalah : (1) Untuk mengungkap pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi teks fungsional pendek berbentuk “Greeting Card”. (2) Untuk mengetahui seberapa tinggi pemahaman dan penguasaan materi teks fungsional pendek berbentuk “Greeting Card” setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning.

Kondisi itu memerlukan adanya tindakan kelas (classroom action) yang merupakan bentuk kajian oleh pelaku tindakan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan tugas serta memperbaiki kondisi praktik pembelajaran yang telah dilakukan[2][3]. Tindakan kelas tersebut dapat menggunakan model pembelajaran yang menyenangkan, meningkatkan keaktifan serta hasil belajar siswa. Hal ini dapat diperoleh melalui model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning). Pembelajaran berbasis masalah merupakan suatu pendekatan dalam pembelajaran yang membantu siswa untuk menemukan masalah dari suatu peristiwa yang nyata, mengumpulkan informasi melalui strategi yang telah ditentukan sendiri untuk mengambil satu keputusan pemecahan masalahnya yang kemudian akan dipresentasikan dalam bentuk unjuk kerja.

Oleh :

Lasmini, M.Pd.

SMP Negeri 16 Purworejo