Beranda Ekonomi Gubernur Ganjar Bangga Produk MakanKu Wong Solo, Inovatif dan Kreatif Menu Masa...

Gubernur Ganjar Bangga Produk MakanKu Wong Solo, Inovatif dan Kreatif Menu Masa Pandemi

27
Gubernur Ganjar Pranowo saat memberi sambutan produk MakanKu melalui daring. Foto : Ade Ujianingsih/Jateng Pos

JATENGPOS.CO.ID, SOLO – Setelah Kapolda Jateng Irjen pol Ahmad Luthfi memberikan apresiasi atas produk MakanKu, yang enak, praktis dan menjadi solusi dimasa pandemi, kini giliran Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

“Bangga sekali Wong Solo bisa menciptakan MakanKu. Ini kreasi inovatif dan inspiratif. Apalagi MakanKu menyajikan menu-menu khas Solo,” kata Ganjar Pranowo dalam kesempatan sharing melalui daring pada Kamis (17/9).

Ganjar juga berharap produk MakanKu Halalan Thayyiban bisa diproduksi massal untuk kepentingan kebencanaan. Ganjar menyebut, MakanKu ini bukan sekedar inovasi bisnis dimasa pandemi, tapi juga langkah kemanusiaan yang dilakukan Puspo Wardoyo.

“Produknya pas untuk menangani kebencanaan, praktis, murah, cepat dan enak. Apalagi dimasa pandemi Covid19 yang Work From Home ini bisa menjadi solusi,” tegas Ganjar.

Menanggapi hal tersebut Puspo Wardoyo mengaku menciptakan MakanKu berawal dari keprihatinan makanan jemaah Haji, yang mudah basi.

Setelah dirintis sejak empat tahun akhirnya berhasil menciptakan MakanKu. Makanan siap saji atau MRE (Meal Ready to Eat) dengan mengadopsi teknologi Jepang.

“Ada pemanas otomatis, cepat, mudah dan enak. Ada banyak menu yang bisa dipilih semua telah bersertifikat halal,” kata Puspo Wardoyo.

Varian menu MakanKu antara lain gudeg, ayam asam manis, rendang daging, ayam balado, rendang, gulai ikan, dan sejumlah menu khas solo seperti Gudeg ayu solo, Tengkleng Bu Edi, Bengkel bakso Gunawan Sangkrah, nasi liwet Wongso lemu, soto Lamongan cak Sandy, ayam penyet, mie ayam jamur, aneka bubur atau jenang solo.

Dalam sharing yang juga digelar secara live streaming YouTube, juga menghadirkan sejumlah tokoh dan peneliti yang juga memberikan sambutan mengenai MakanKu.

Di antaranya Ir Sugiri direktur MakanKu, Dr Asep Nur Hikmat LIPi, Dr Anggito Abimanyu Kepala BPKH, Prof Dr Ir Eni Harmayani dekan Fakultas Teknologi Pangan UGM, dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Selain dipersiapkan untuk sajian menu jamaah Haji, MakanKu sudah dijual bebas, gerainya Warung New Normal MakanKu Halal Tayyiban di jalan Slamet Riyadi 300 Sriwedari Solo. (dea/bis/rit)