Gunners Jaga Momentum

Nottingham Forest vs Arsenal Rabu (31/01/2024) pukul 02:30 WIB Live SCTV & Vidio

JATENGPOS.CO.ID,  NOTTINGHAM – Arsenal akan menghadapi Nottingham Forest di The City Ground pada pekan ke-22 Premier League 2023/2024, Rabu (31/01/2024) dinihari pukul 02:30 WIB, disiarkan langsung SCTV dan live streaming di Vidio.com.

Pekan sebelumnya, Arsenal dan Forest meraih hasil yang kontras. Arsenal menang telak 5-0 saat menjamu Crystal Palace, sedangkan Forest kalah 2-3 di kandang Brentford.

Gabriel Magalhaes dan Gabriel Martinelli masing-masing menyarangkan dua gol ke gawang Palace. Satu gol Arsenal lainnya disumbangkan oleh Leandro Trossar. Sementara itu, dua gol Forest ketika kalah dari Brentford dicetak oleh Danilo dan Chris Wood.

Arsenal langsung tancap gas usai libur cukup panjang. Palace mereka habisi lima gol tanpa balas. Sekarang, melawan Forest, meski main tandang, anak-anak asuh Mikel Arteta tentu takkan segan untuk kembali mengincar tiga angka.

Arsenal baru saja menemukan momentum kebangkitan. Akhir pekan lalu, The Gunners baru saja menggulung Crystal Palace dengan skor telak 5-0 di Derby London. Kemenangan Arsenal ini penting karena dalam 4 laga beruntun, Meriam London tidak pernah menang: seri sekali dan kalah 3 partai beruntun.

Kini, berjumpa lawan selemah Nottingham Forest, Arsenal punya kesempatan untuk tetap bersaing di papan atas klasemen EPL 2023/2024 terbaru. Saat ini, London Merah (43 poin) sedang berupaya memangkas ketertinggalan dari Liverpool (48 poin) di posisi puncak.

Selain itu, The Gunners enggan tergelincir, lantaran persaingan posisi 5 besar masih sangat ketat. Secara berturut-turut, Manchester City (43 poin), Aston Villa (43 poin), dan Tottenham (40 poin), berpeluang menciptakan keunggulan atas Arsenal.

Di sisi lain, Nottingham berharap tak kehabisan tenaga saat harus menjamu Arsenal. The Tricky Trees terhimpit jadwal padat. Saat ini, Nottingham sedang berjuang menjauh dari zona merah. Mereka berada di urutan 16 klasemen Liga Inggris, dengan raihan 20 poin, atau hanya berjarak 3 angka dari Luton Town di posisi 18.

Tersingkirnya Arsenal dari ajang Piala FA memberi keuntungan tersendiri bagi mereka. Meriam London punya fokus lebih untuk bersaing di EPL. The Gunners datang ke City Ground setelah nyaris 11 hari lamanya tak menjalani satu pun pertandingan. Sebaliknya, waktu rehat mepet dimiliki Nottingham Forest.

Nottingham menjamu Arsenal hanya 4 hari setelah mereka bermain imbang 0-0 kontra Bristol City dalam ronde 4 Piala FA. Hasil yang sekaligus membuat jadwal The Tricky Trees makin padat. Sebab, mereka kini diharuskan menjalani laga replay pada Februari.

Secara keseluruhan, Nottingham punya 5 agenda sepanjang Januari. Sementara, Arsenal cuma dijadwalkan menggelar 3 laga. Praktis, The Gunners yang juga berambisi memburu puncak klasemen EPL 2023/2024, bisa menyiapkan diri lebih baik.

Rehat panjang juga penting bagi The Gunners untuk memulihkan pemain cedera. Misalnya, Declan Rice dan Gabriel dos Santos Magalhaes, yang berpeluang segera pulih jelang laga kontra Nottingham.

Di sisi lain, Arsenal masih akan kehilangan Mohamed Elneny yang memperkuat Mesir di Piala Afrika dan Takehiro Tomiyasu bersama Jepang di Piala Asia. Ada pula Thomas Partey, Fabio Ferreira Vieira, dan Justin Timber yang diperkirakan baru pulih dari cedera pada Februari nanti.

“Saat ini jumlah kami sangat terbatas, jadi kami harus mengatur beberapa pemain, terutama pemain yang sudah banyak menit bermain,” ujar pelatih Arsenal Mikel Arteta usai laga terakhir melawan Crystal Palace, dikutip dari laman klub.

Sementara itu, Nottingham dengan persiapan singkat berharap dapat memulihkan skuadnya. Di laga terakhir, Forest sudah ditinggal sekira 10 pemain saat ditahan imbang Bristol City 0-0.

Kali ini, Nottingham sedang menunggu pemulihan Anthony Junior Elanga dan Divock Origi. Kemungkinan paling cepat, mereka tersedia untuk laga kontra Arsenal.

Namun, Taiwo Awoniyi dan Felipe Monteiro belum dipastikan dapat segera kembali. Berikutnya, Ola Aina, Serge Aurier, Willy Boly, Ibrahim Sangare, Cheikhou Kouyate dan Moussa Niakhate sedang memperkuat negaranya di Piala Afrika.

Terlepas dari amunisi yang tengah menipis, sejatinya Nottingham tengah dalam tren bagus. Di bawah pelatih anyar, Nuno Espirito Santo, The Tricky Trees hanya 2 kali menelan kekalahan, sisanya menghasilkan 2 imbang, dan 3 kemenangan. Ini termasuk mengandaskan Manchester United dan Newcastle United.

Capaian apik lainnya, total Nottingham telah mencetak 14 gol dalam 7 laga. Di sisi lain, kebobolan 12 gol dari 7 laga terbaru juga jadi catatan perbaikan. Berjumpa Arsenal, Nuno Santo berharap tetap mampu merepotkan tim lawan.

Arsenal hanya unggul tipis dalam 5 perjumpaan terbaru kontra Nottingham. Total, The Gunners mengumpulkan 3 kemenangan, sedangkan Nottingham membalas 2 kali.

Arsenal berharap dapat segera memainkan Declan Rice dan Gabriel Magalhaes yang sama-sama menderita cedera di laga terakhir. Selebihnya, The Gunners masih akan diperkuat pemain andalannya, termasuk Bukayo Saka, Martin Odegaard, hingga William Saliba.

Sementara itu, Nottingham dapat kembali memainkan penyerangnya, Morgan Gibbs-White usai sang pemain telah tampil di setengah laga terakhir. Namun, Anthony Junior Elanga dan Divock Origi masih diragukan. Prediksi skor Nottingham Forest 1 – 3 Arsenal. (ito/riz)

Prediksi Pemain

Nottingham Forest (4-2-3-1) : Matt Turner; Nuno Tavares, Murillo, Andrew Omobamidele, Gonzalo Montiel; Orel Mangala, Ryan Yates; Callum Hudson-odoi, Danilo, Nicolas Dominguez; Morgan Gibbs-white. Pelatih : Nuno Espirito Santo.

Arsenal (4-3-3) : David Raya; Benjamin White, William Saliba, Gabriel Magalhaes, Oleksandr Zinchenko; Martin Odegaard, Declan Rice, Kai Haivertz; Bukayo Saka, Gabriel Jesus, Leandro Trossard. Pelatih : Mikel Arteta.