Guru Ikuti Pelatihan Rumah Belajar di Temanggung

RUMAH BELAJAR: Suasana kegiatan guru Temanggung dalam pelatihan Rumah Belajar.
RUMAH BELAJAR: Suasana kegiatan guru Temanggung dalam pelatihan Rumah Belajar.

JATENGPOS.CO.ID, TEMANGGUNG – Pengelolaan mutu sekolah terus ditingkatkan.Upaya tersebut dilakukan Kemendikbud melalui bantuan sekolah dalam pengelolaan mutu. Pada tahun 2019 ini SMP Negeri 1 Parakan ,Temanggung menggelar pelatihan pemanfaatan portal Rumah Belajar,Sabtu(27/9).di Lab TIK sekolah setempat. Acara dibuka oleh wakil Drs. Haryata,M.Pd mewakili Kepala SMP 1 Parakan.

Dalam diklat tersebut,SMP 1 Parakan mengundang Tukijo ,Duta Rumah Belajar 2017 Jawa Tengah.Tukijo hadir memaparkan materi Portal Rumah Belajar dan kelas maya. Lebih lanjut Tukijo menguliti fi tur -fi tur yang ada di rumah belajar. Kegiatan tersebut menjadi program sekolah mutu.Sekolah mutu menjadi indikator layanan pendidikan.

”Sekolah kami mendapatkan bantuan sekolah mutu.Salah satu programnya pelatihan rumah belajar ini.Harapannya guru di sini bisa menggunakannya untuk e -learning,”ujar Haryata dalam sambutannya.

Masih menurutnya portal rumah belajar menjadi alternatif pembelajaran digital.Portal rumah belajar bisa diakses gratis oleh siapapun di laman https:// belajar.kemdikbud.go.id. Langkaj pertama,user membuat akun rumah belajar dengan mengisi berbagai data yang dibutuhkan.Berikutnya guru dan siswa dapat membuka konten yang ada di rumah belajar.

Pembelajaran abad 21 membutuhkan piranti digital yang mendukung.Selain faktor kebijakan,pembelajaran digital membutuhkan sumber daya yang andal.Melalui rumah belajar yang gratis tersebut,guru dan siswa dapat kolaborasi.Melalui kelas maya,guru dapat mengelola kelas ,upload modul,membuat soal,dan melakukan penilaian tugas siswa. Siswa juga dapat mengakses kelas mapel gurunya. Model ini menjadi upaya Pustekkom Kemdikbud untuk memberikan layanan pembelajaran online yang lebih praktis di android. Pembelajaran berbasis rumah belajar itu,dapat diakses online maupun offline.

Melalui rumah belajar ,pembelajaran dapat dilakukan kapan saja,di mana saja dan dengan siapa saja. Sejalan dengan hal tersebut,SMP 1 Parakan menjadi sekolah penyelenggara rumah belajar.Guru dan siswa disiapkan untuk menggunakan konten rumah belajar.Pada kesempatan tersebut juga,guru dan siswa dipandu Tukijo untuk mengunduh aplikasi rumah belajar di playstore lalu menginstal di android. Salah satu siswa Fala Insan Hanif ,merespon positif rumah belajar.

”Saya suka pakai rumah belajar.Setelah saya buka -buka ternyata kontennya bagus.Bisa pakai android juga,”katanya pada Jateng Pos.

Para peserta diklat tampak antusias mengikuti tahapan pengenalan portal rumah belajar. Bahkan bukan hanya guru tapi juga siswa.Sisws secra aktig juga membuat akun rumah belajar dan kelas maya. Pelatihan rumah belajar ini menjadi upaya sekolah mengembangkan pembelajaran online gratis.Meskipun banyak portal berbayar.Melalui rumah belajar,pembelajaran di SMP 1 Parakan diharapkan lebih maju. Bagi sekolah lain yang belum pelatihan rumah belajar bisa menghubungi duta rumah belajar Jawa Tengah. (tukijo/jan)