Guru Menulis Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Ratusan Guru di Sragen Ikuti Pelatihan

FOTO BERSAMA : Para peserta mengikuti pelatihan penulisan artikel dan soal HOTS di aula SMAN 1 Gemolong, Minggu (26/1).
FOTO BERSAMA : Para peserta mengikuti pelatihan penulisan artikel dan soal HOTS di aula SMAN 1 Gemolong, Minggu (26/1).

JATENGPOS.CO.ID, SRAGEN – Ratusan guru dari semua jenjang ikuti pelatihan penulisan artikel dan soal HOTS di aula SMAN 1 Gemolong, Minggu (26/1). Para peserta tersebut hadir dari berbagai daerah salah satunya dari Yogjakarta. Mereka tertarik ikut pelatihan penulisan yang digagas MGMP Bahasa Indonesia SMA Kabupaten Sragen bekerja sama dengan Jateng Pos dan KLG Jateng.

Hadir pada pelatihan tersebut pengawas SMA, Kepala SMA 1 Gemolong , pengurus MGMP dan Tukijo, sebagai narasumber pelatihan.

Pada sambutannya pengawas SMA Drs Supono, M Pd mewakili Kepala Cabang Disdik Wilayah VI menyampaikan respon baik ataa kegiatan tersebut.

“Dinas melalui saya selaku pengawas mendukung kegiatan semacam ini.Tujuannya agar para guru mau berubah dan menulis sehingga selain bisa naik pangkat juga akan berdampak terhadap kualitas pendidikan,” ujarnya kepada Jateng Pos.

ANTUSIAS : Para peserta antusias bertanya pada penulisan artikel dan soal HOTS di aula SMAN 1 Gemolong, Minggu (26/1).
ANTUSIAS : Para peserta antusias bertanya pada penulisan artikel dan soal HOTS di aula SMAN 1 Gemolong, Minggu (26/1).

Hal tersebut didukung pernyataan kepala SMA 1 Gemolong Drs Suparno MEng yang mengapresiasi MGMP Bahasa Indonesia yang berani mengadakan kegiatan tersebut.Menurutnya guru saat ini harus luas wawasan dan pengetahuannya untuk membekali generasi milenial.Lebih lanjut Suparno mengajak guru untuk terus berinovasi. Melalui tulisan ilmiah ide dan gagasan bisa dibaca masyarakat luas.

Sementara itu pelaksana kegiatan , Harmini, menuturkan bahwa kegiatan tersebut merupakan kedua setelah setahun lalu diadakan. Hadir ratusan peserta termasuk dari Yogjakarta.

Sementara itu Tukijo hadir sebagai nara sumber.Tukijo yang merupakan salah satu penerima Jateng Pos Award memantik teknik menulis artikel,PKG dan PKB guru,literasi dan praktik menulis. Para peserta diharapkan mampu dan mau menulis di koran. Pasalnya artikel yang terbit bisa dinilai 1,5.Selain itu menulis juga berbagi ide dan inovasi khususya dalam memecahkan permasalahan dalam pembelajaran.

Tukijo dengan sabar melayani pertanyaan para peserta. Mulai dari kesulitan menuangkan ide,mengembangkan judul dan mengedit tulisan. Bukan hanya itu, pertanyaan seputar penerbitan koran juga banyak dilontarkan.

Pada akhir sesi presentasi karya peserta, masukan dan kritik penulisan dilakukan agar artikel makin baik. Artikel karya peserta akan diterbitak di Jateng Pos setiap hari. (Tkj/rit)