Beranda Edukasi Guru Purwokerto Pelatihan Menulis Tahap Lima

Guru Purwokerto Pelatihan Menulis Tahap Lima

14
SEMANGAT: Para guru di Purwokerto semangat mengikuti seminar penulisan artikel ilmiah populer di media massa.

JATENGPOS.CO.ID, PURWOKERTO – Pelatihan penulisan artikel ilmiah di media massa bagi guru tahap 5 digelar di Gedung PGRI Kab.Purwokerto Minggu(22/11).

Pelatihan rutin tersebut digagas APKS PGRI Kab.Purworejo kerjasama dengan Jateng Pos dan KLG Jawa Tengah. Hadir pada acara tersebut  Kadindikpora, Ketua PGRI,Pengurus APKS dan Tukijo dari KLG Jawa Tengah. Kadindikpora Sukmo Widi Harmanto,S.H,M.M mengapresiasi pelatihan yang diselenggarakan PGRI Purworejo.

“Dinas mengapresiasi acara ini.Saat ini guru banyak yang naik pangkat . Guru harus menulis,misalnya menulis artikel di media massa.Saat ini banyak guru yang belum memiliki menulis,”jelasnya. Para peserta tampak antusias.

Mereka praktik membuat judul. Dari judul kemudian diberi respon oleh narasumber.Pertanyaan demi pertanyaan terus disampaikan hingga akhir sesi. “Pertama menentukan topik tulisan.Selanjutnya menulis kerangka tulisan dan mengembangkan menjadi artikel.Hal yang perlu dipahami guru harus menghindari plagiasi.Selain itu ejaan dan tanda baca dalam tulisan juga perlu diperhatikan.

Sementara itu ketua PGRI Irianto Gunawan mengatakan pelatihan penulisan artikel dengan Jateng Pos menjadi bukti PGRI peduli dengan guru.Lebih lanjut menurut Irianto bahwa acara tersebut dilaksanakan dalam rangka HUT guru tahun 2020. Pelatihan yang diikuti 118 guru dari semua jenjang tersebut menghadirkan Tukijo.

Tukijo sebagai narasumber menjelaskan bahwa para guru perlu menulis. Menulis artikel ilmiah populer menurutnya ditulis sesuai kaidah dan pedoman buku 4 PKB. Artikel peserta akan diterbitkan koran Jateng Pos.Koran Jateng Pos secara konsisten selama ini terus menerbitkan artikel para guru. (rls/tukijo/jan)