Guru Sebagai Motivasi Hidup

Endang Sri Yanuwati Guru SMK Negeri 1 Pemalang
Endang Sri Yanuwati Guru SMK Negeri 1 Pemalang

PEMALANG – Belajar bukan hanya penguasaan materi, namun juga harus dapat menata tujuan yang realistis dan bagaimana  untuk menguatkan diri mereka sendiri untuk prestasi mereka. Semua itu akan tercipta dengan Motivasi hidup, yaitu jangan mudah menyerah , Siapapun anda, apapun profesi anda. Anda harus memperhatikan sifat jangan mudah menyerah. Guru sebagai motivasi Hidup dalam pendidikan dan key factor dalam pembelajaran mapel Kompetensi Keahlian Pemasaran harus mampu menciptakan pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan membangkitkan karakter positif pada siswa sehingga kompetensi yang dipersyaratkan dalam mapel Kompetensi Keahlian Pemasaran dapat tercapai dengan baik. Hal ini juga sejalan dengan grand design dalam mencetak generasi emas Indonesia , yaitu generasi yang mempunyai sikap positif, pola pikir esensial, komitmen normatif, kompetensi abilitas dan berlandaskan akhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, dan mandiri

Oleh karena itu harus kita sadari bahwa dalam setiap perjalanan hidup, pasti  kita akan  dihadapkan dengan berbagai masalah, yang kadang-kadang memamg sangat berat. Namun, yakinlah bahwa di dalam sebuah masalah yang berat tersebut pasti ada hikmah yang kadang kita tidak akan mengerti sebelum kita menghadapi masalah   tersebut. Maka dari itu , hadapi masalah tersebut dengan lapang dan penuh semangat yaitu jangan menjadi insan yang mudah menyerah. Melalui janji diri dan penguatan diri, dengan implementasi strategi tiga tahapan yaitu; pertama memahami diri, Kedua Menyesuaikan diri, dan yang ketiga Mengembangkan diri. Masing-masing tahapan memiliki langkah-langkah yang memuat nilai karakter dan nilai kompetensi pembelajaran mapel Kompetensi Keahlian Pemasaran.

Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pemerintah mencanangkan terbentuknya generasi emas. dimana dunia pendidikan adalah salah satu komponen pokok dalam pencapaian tujuan mulia tersebut. Selain itu menurut ramalan Mc. Kinsey Global Institute bahwa di tahun 2030 dibutuhkan 113 juta tenaga kerja yang terampil untuk menempatkan Indonesia pada tujuh besar ekonomi dunia. Oleh karena itu, melalui dunia pendidikan diharapkan mampu mencetak genersai seperti yang diharapkan dalam grand design pembentukan generasi emas Indonesia, melalui motivasi hidup dengan slogan SMK “BISA”, harus mampu menjawab tantangan grand design untuk menciptakan generasi emas Indonesia tersebut.

Baca juga:  Antara Idealitas dan Implementasi MBS

Untuk meningkatkan kompetensi peserta didik diperlukan optimalisasi beberapa elemen pembelajaran baik faktor internal ataupun eksternal. Menurut Brown (2000) bahwa guru yang baik adalah guru yang dapat menciptakan pembelajaran yang menarik, guru yang dapat membangkitkan minat belajar dari peserta didik yang pasif.

iklan

Tugas guru bukan hanya mendidik peserta didik agar memiliki ilmu pengetahuan yang berguna bagi kehidupannya, namun juga harus mengajarkan peserta didiknya tentang nilai-nilai kehidupan agar mereka menjadi pribadi yang berkarakter. Hal ini bukanlah proses instant namun membutuhkan proses dan keteladanan. Pemahaman konsep mengenai dasar atau teori pembelajaran akan membawa guru untuk lebih mengenal lingkungan belajar, memahami siswa serta menuntun guru menggunakan metode yang tepat sebagai langkah meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran mapel Kompetensi Keahlian Pemasaran.

Strategi pemecahan masalah yang digunakan agar masalah-masalah diatas dapat teratasi adalah dengan menjadi insan yang lapang penuh semangat , jangan menjadi insan yang mudah menyerah , maka guru harus : Pertama : Rajin  melaksanakan  tugas sebagai guru, tidak mudah menyerah dalam melakukan inovasi  perbaikan pembelajaran dan kinerja.  Kedua : Aktif dalam melakukan inovasi pembelajaran agar kompetensi dan karakter peserta didik  meningkat. Selanjutnya yang ke Tiga : Kreatif dalam melakukan inovasi agar pembelajaran menyenangkan dapat diterima oleh peserta didiknya juga masyarakat, karena profesi guru adalah profesi yang bermartabat. Dan yang Keempat : Punya dedikasi tinggi, karena dengan dedikasi tak ada lagi kata mementingkan materi untuk sebuah pengabdian, yang terpenting adalah dedikasi untuk negeri dalam menciptakan generasi yang berkualitas.

Baca juga:  Pembelajaran Kooperatif Model TGT Tingkatkan Hasil Belajar Matematika

Sebagai motivasi hidup bagi peserta didik , guru harus dapat melaksanakan grand design yang dapat menghasilkan peserta didik yang memiliki sikap positif, pola pikir esensial, komitmen normatif, kompetensi abilitis, dan berlandaskan akhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, dan mandiri serta memiliki motivasi hidup penuh semangat yang siap menyongsong masa depan.

Guru harus  mampu menciptakan pembelajaran yang mendorong prakarsa, motivasi, dan tanggung jawab peserta didik untuk belajar sepanjang hayat. Guru harus selalu melakukan inovasi dan pembelajaran yang menarik  agar peserta dididk semakin termotivasi dalam pencapaian kompetensi dan karakter positif.

Endang Sri Yanuwati

Guru SMK Negeri 1 Pemalang

 

iklan