Hadapi Musim Hujan, DPU Kota Semarang Lakukan Ini

Petugas mulai membersihkan sungai memasuki musim penghujan. Foto : intan/Jatengpos.co.id

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Memasuki musim penghujan yang kali ini jatuh pada Bulan November, Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang melakukan beberapa persiapan berkaitan dengan timbulnya gangguan karena turunnya hujan seperti limpasan, banjir, longsor maupun genangan.

Hal itu disampaikan Plt Kabid Sumber Daya Air dan Drainase, Isworo. Pihaknya telah melakukan beberapa persiapan, di antaranya melakukan normalisasi saluran di beberapa titik rawan banjir .

“Persiapan sudah kita lakukan jauh-jauh hari salah satunya dengan menormalisasi saluran, kita ngeruk parit, kita ngeruk sungai, bersihin sungai dari sampah dan eceng gondok terutama yang di wilayah barat dan timur,” ungkapnya.

Ia mengatakan, ada tiga lokasi yang menjadi perhatian Dinas Pekerjaan Umum saat ini, salah satunya adalah Sungai Mangkang, karena menurutnya, di sungai inilah muncul limpasan-limpasan dari curah hujan tinggi saat musim hujan, sehingga mengakibatkan banjir

Selain itu, lanjut dia, daerah Padi Raya di wilayah timur dan Semarang Indah di Semarang Barat yang juga telah dilakukan normalisasi dengan mempersiapkan armada untuk mengangkat sedimen dan sampah di sungai maupun saluran air.

“Armada kami siapkan untuk melakukan normalisasi di titik-titik itu dengan ketersediaan wheel loader, escavator, amphibiousdan truk,” ujar dia. Ita/drh