Hari Ini Diperkirakan Puncak Arus Mudik Liburan Nataru

PANTAUAN: Kakor Sabhara Baharkam Polri Irjen Priyo Widyanto melakukan pantauan arus lalu lintas di depan Pospam Taman Bawen, Kabupaten Semarang, Sabtu (24/12/2022) sore. FOTO:MUIZ/JATENGPOS

JATENGPOS.CO.ID, UNGARAN– Kakor Sabhara Baharkam Polri Irjen Priyo Widyanto mengatakan kondisi lalu lintas memasuki wilayah Jawa Tengah sudah mulai padat pada Sabtu (24/12/2022). Diperkirakan hari ini merupakan puncak arus mudik liburan Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

“Seperti terlihat (di Simpang Bawen, red) ini padat ya, berbeda dengan kemarin. Mungkin hari ini puncak arus lalu lintas pengendara mudik Nataru,” ujar Irjen Priyo saat melakukan pantauan arus lalu lintas di depan Pospam Taman Bawen, Kabupaten Semarang, Sabtu (24/12/2022) sore.

Dikatakan, pihaknya diberi tanggung jawab memantau jalur arteri non tol sepanjang Jawa Barat hingga Jawa Timur dalam pelaksanaan Operasi Lilin 2022. Hasil pantauan kondisi lancar hingga tidak ada wilayah yang melakukan rekayasa lalu lintas.

Diharapkan kondisi lalu lintas selama pelaksanaan pengamanan Nataru tetap lancar sampai tanggal 2 Januri 2023 mendatang. Juga kondusifitas keamanan tetap terjaga sampai perayaan ibadah Natal dan Tahun Baru.

Irjen Priyo menambahkan pihaknya telah berkoordinasi dengan para Satlantas dan Dirlantas Polda di sepanjang jalur mulai Jawa Barat hingga Jawa Timur, untuk memantau dan melakukan rekayasa sesuai dengan TFG (Tactical Game Floor) penanganan kemacetan di jalur arteri.

“Apabila jalur arteri sudah mulai mengalami kemacetan atau bahkan di jalur tol terdapat antrian, maka akan dilakukan Contra Flow atau One Way Traffic sesuai dengan kondisi wilayah masing-masing,” tegasnya didampingi Dir Samapta Baharkam Polri Brigjen Pol. Dr. Rudi Antariksawan.

Selain itu, Irjen Priyo meminta kewaspadaan terhadap pasar tumpah, meski tidak terlalu banyak jumlahnya tetap dilakukan antisipatif. Juga pengamanan di jalur wisata yang banyak dikunjungi wisatawan perlu dilakukan penilaian resiko kerawanan kemacetan.

Wakapolres Semarang Kompol Sigit Ari Wibowo mewakili Kapolres Semarang AKBP Yovan Fatika H.A mengatakan, personel Polres Semarang di lapangan akan terus memantau jalur arteri maupun tol saat liburan Natal 2022 hingga pergantian tahun Baru 2023. (muz)