Beranda Politik Hasil Survei LSI, Ferry Juliantono Bisa Saingi Ganjar

Hasil Survei LSI, Ferry Juliantono Bisa Saingi Ganjar

284
Lembaga Survei Indonesia (LSI), tengah menyampaikan hasil survei elektabilitas calon Gubernur Jawa Tengah yang diperkirakan akan berlaga pada Pilkada 2018. FOTO : DOK/JATENGPOS.CO.ID

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada November 2017, menunjukan elektabilitas Ferry Juliantono menempati posisi kedua setelah Ganjar Pranowo. Dengan demikian posisi Ferry jelas, elektabilitasnya diatas mantan Menteri ESDM Sudirman Said.

Hasil ini menunjukan Ferry dinilai mampu menjadi lawan tanding petahana. Meski jarak angkanya masih jauh, tapi dengan pesan program yang tepat dan melakukan sosialisasi dengan sisa waktu yang ada dapat mengerek elektabilitasnya.

Dari tingkat kesukaan, Ferry memiliki nilai yang cukup tinggi. Sehingga jika dimaksimalkan tingkat pengenalannya akan berdampak terhadap elektabilitasnya menghadapi petahana. Sementara apabila PDIP tidak mengusung petahana, maka peluang Ferry menjadi lebih tinggi.

“Angkanya (hasil survei elektabilitas Ferry) memang tidak begitu besar, tapi bisa saja dimaksimalkan,” ucap Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI Denny JA, Toto Izul Fatah dalam acara Peta Dukungan Publik Jawa Tengah Pada Pilkada 2018 yang diselenggarakan oleh Com 325 di Menteng, Jakarta Pusat belum lama ini.

Selain itu survei LSI tersebut menyatakan Wakil Ketua Umum Gerindra itu mampu menyelesaikan masalah yang ada dengan presentase 30,8%  dibandingkan petahana yang hanya memperoleh 9,9%. Persoalan yang dihadapai mulai dari kemiskininan, lapangan kerja, dan pendidikan.

Selanjutnya, dari survei terlihat harapan masyarakat memiliki pemimpin baru di Jawa Tengah cukup tinggi dengan tren menginginkan pemimpin yang bebas dari korupsi. Hendri Satrio dari Lembaga Survei Kedai Kopi menyatakan munculnya nama Ferry dalam hasil survei menjadi menarik.

“Kalau Gerindra ngusung Sudirman Said, ini agak ajaib. Padahal, Ferry punya peluang,” kata Hendri. Hingga kini masih terdapat 59,2% suara yang belum memiliki keputusan dan ragu-ragu untuk memilih. Semua calon kandidat menurut LSI masih dapat berpeluang untuk menang.

Sebelumnya, Gerindra telah mengadakan konsolidasi terkait pilkada Jawa Tengah 2018 yang dihadiri oleh seluruh anggota DPR dari daerah pemilihan Jateng, DPRD provinsi dan Kabupaten Kota se-Jawa Tengah di Hotel Patra Jasa, Semarang.

Ferry mengatakan kini sejumlah internal Gerindra telah mendukung dirinya. Namun ia kembali menyerahkan keputusan siapa yang maju untuk Pilkada Jawa Tengah 2018 pada Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

“Meski saya meyakini jajak pendapat internal partai mendukung saya, tapi saya sebagai kader menyerahkan sepenuhnya kepada ketua umum untuk memutuskan yang terbaik,” ungkap Ferry. (ucl/bis/sgt)