Hendi Kenang Jasa KRMT Wongsonegoro Untuk Kota Semarang

3

JATENGPOS.CO.ID,  SEMARANG – Jelang peringatan pertempuran Lima Hari di Semarang, Wali kota Hendrar Prihadi mengajak masyarakat khususnya jajarannya di lingkungan Pemerintah kota Semarang untuk meneladani sifat-sifat kepahlawanan.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa pahlawan,” hal ini disampaikan Hendi panggilan akrab wali kota saat melakukan ziarah ke makam KRMT Wongsonegoro, di Desa Gatak Kabupaten Sukoharjo, Rabu (13/10).

Tak hanya sekedar mengenang, Hendi juga menekankan pentingnya meneladani jasa-jasa Gubernur Jawa Tengah pertama setelah kemerdekaan tersebut. Wongsonegoro dianggap berperan penting menginisiasi perjuangan pemuda Semarang sekaligus melakukan perundingan dengan Jepang untuk menghentikan perang agar menghindari banyak korban.

Menurut wali kota, KRMT Wongsonegoro adalah sosok pahlawan yang begitu dekat dengan Kota Semarang.

“Kota Semarang ini ada hingga menjadi seperti sekarang tidak lepas dari jasa-jasa dan perjuangan Beliau. Maka kehadiran kita di sini sebagai salah satu bentuk pengabdian kita kepada bangsa dan Negara, karena kita bisa hidup di jaman kemerdekaan,” lanjut Hendi.

Hendi juga mengakui jika jasa seorang KRMT Wongsonegoro begitu besar terhadap Kota Semarang.

“Oleh karena itu, nama beliau kita abadikan sebagai nama RSUD di Kota Semarang,” imbuhnya.

Dalam ziarah tersebut, hadir pula jajaran Forkopimda Kota Semarang, Pimpinan DPRD Kota Semarang dan perwakilan keluarga KRMT Wongsonegoro yakni RM Satria Puji Hudiarso.

Hendi menambahkan agar kegiatan ziarah tersebut tidak sekedar dianggap sebagai seremoni. Namun lebih merupakan salah satu upaya untuk meneladani nilai-nilai kejuangan yang telah ditunjukkan oleh Wongsonegoro. Dia pun berpesan kepada para pimpinan perangkat daerah untuk bisa meniru perjuangan yang telah dilakukan pejuang-pejuang selama ini sesuai dengan peran dan kapasitasnya sebagai warga negara.

“Khususnya teman-teman yang menjadi bagian dari Pemerintah Kota Semarang saya berharap perjuangan para pendahulu kita ini bisa dijadikan contoh untuk bersama-sama memberikan kinerja yang baik. Mari bersama-sama melayani masyarakat dengan baik agar Semarang menjadi lebih baik,” pungkas Hendi. (sgt)