HIPAKAD Gelar Dialog Penguatan Ketahanan Ekonomi Bangsa

Menteri Perdagangan RI DR Jerry Sambuaga memberikan materi saat dialog kebangsaan bersama Himpunan Putra-putri Keluarga Angkatan Darat (HIPAKAD) di Semarang, Selasa (21/06).

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Himpunan Putra-putri Keluarga Angkatan Darat (HIPAKAD) menggelar Dialog Kebangsaan dengan tema “Peran dan Fungsi Ormas HIPAKAD dalam Penguatan Ketahanan Ekonomi Bangsa” di Gedung Gradhika Bhakti Praja Jl Pahlawan  Semarang, Selasa 21 Juni 2022.

Dalam dialog kali ini HIPAKAD mengundang seluruh Dandim dan Kapolres se jawa tengah serta menghadirkan Wakil Menteri Perdagangan RI, DR Jerry Sambuaga  sebagai salah satu narasumber.  Dalam uraiannya Jerry mengungkapkan bahwa ia sangat mengapresiasi dialog kebangsaan ini karena bisa membuka pikiran kita untuk menghadapi hoax dan memahami keadaan yang riil di masyarakat baik menyangkut isu-isu ekonomi atau yang lainnya.

“Acara dialog kebangsaan ini sangat baik, karena banyak narasumber yang luar biasa, selain mengundang kami dari kementrian perdagangan juga ada dari TNI, Kepolisian dan lainnya untuk memberikan pencerahan terhadap publik tentang keadaan riil di lapangan.” Kata Jerry.

Terkait dengan kinerja perdagangan saat ini, Jerry mengungkapkan bahwa semua sudah semakin membaik. “Harga-harga sudah terkendali terutama bahan pokok dan minyak goreng, Ekspor kita meningkat dan menguat, kemudian beberapa aset komuditas kita mengalami peningkatan secara signifikan.” Ungkapnya.

“Tadi saya melakukan peninjauan harga secara  langsung di pasar Bulu Semarang dan beberapa bahan pokok dan minyak goreng sudah stabil harganya, malah kita temukan harga lebih murah dari yang ditentukan oleh pemerintah,” lanjutnya.

Ketua umum DPP HIPAKAD Hariara Tambunan, SH, SE, MM mengatakan bahwa dialog kebangsaan ini sering dilakukan oleh HIPAKAD di seluruh wilayah Indonesia dengan tema-tema yang berbeda dan kali ini mengambil tema tentang penguatan ketahanan ekonomi.

“Tujuan dari diselenggarakan kegiatan dialog kebangsaan ini adalah dalam rangka untuk menepis berita-berita hoax, baik itu yang berkaitan dengan masalah keamanan, politik, ekonomi dan yang lainnya, dan kami bersyukur dalam dialog ini bisa dihadiri pihak kementrian karena baru kali ini dialog HIPAKAD dihadiri oleh wakil menteri” ungkap Hariara.

“Seperti dalam diskusi tadi misalnya Pak Jerry Dari kementrian Perdagangan menyampaikan hasil data dari BPS kepada audien yang hadir untuk memberitahukan kondisi ekonomi Indonesia yang sebenarnya, jadi ternyata isu-isu tentang resesi yang menimpa beberapa negara lain tidak terjadi di Indonesia karena pemerintah kita saat ini telah melakukan usaha-usaha yang sangat baik untuk mengendalikan harga-harga produk,” jelasnya.

Hariara juga mengatakan bahwa dialog ini dihadiri oleh Dandim dan Kapolres se jawa tengah. Dan selain membahas isu-isu ekonomi ia juga berharap kegiatan ini bisa berperan untuk Menepis berita-berita hoax yang terjadi di tengah masyarakat, terutama menjelang pemilu 2024 nanti. Selain mengadakan dialog-dialog seperti ini, kami juga mensupport beberapa UMKM untuk meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat.  (Prast.wd/biz/sgt)