Beranda Travelling Hotel Hotel Dafam Semarang Inovasi Pelayanan Pelanggan

Hotel Dafam Semarang Inovasi Pelayanan Pelanggan

39

JATENGPOS.CO.ID,  SEMARANG – Kelonggaran yang diberikan oleh Pemerintah Kota Semarang, untuk membuka jam operasional kepada pelaku usaha pariwisata diberbagai bidang, salah satunya adalah bisnis penginapan (hotel), menjadi semangat Hotel Dafam Semarqng untuk berinovasi dalam pelayanan kepada pelanggan.

Dengan menerapkan sejumlah standar protokol kesehatan, Hotel Dafam Semarang siap menyambut era tata cara kenormalan baru. Penataan dengan cara baru dilakukan demi menjaga kepercayaan para tamu pelanggan yang telah hampir tiga bulan lamanya berdiam di rumah (stay at home)  atau bekerja dari rumah (work from home).

“Sebagai langkah menyambut era new normal dalam masa pandemi Covid19, kami menyusun berbagai protokol baru dengan mengutamakan kebersihan dan kesehatan demi memutus mata rantai penyebaran virus corona (covid19). Kebijakan ini berlaku dari karyawan hotel sampai para tamu. Mulai saat mereka memasuki area hotel sampai meninggalkan hotel”, ujar Ardian, General Manager Hotel Dafam Semarang, belum lama ini.

Lanjut Ardian, sejak akhir Maret lalu, hotel yang dikelolanya bersama tim, sudah memberikan fasilitas tambahan sesuai protokol kesehatan.

“Menempatkan wastafel untuk cuci tangan di depan lobi dan basement, hand sanitizer tersedia di area front office, lift,restoran dan meeting room. Penyempotan disinfektan juga sudah dilakukan rutin di area hotel termasuk kamar tiap lantai. Tidak lupa pengecekan suhu dan anjuran wajib pakai masker untuk setiap orang yang masuk area hotel, tambahnya,”terang Ardian.

Selain itu, diarea front office, juga diterapkan pelayanan jarak antara tamu dengan karyawan. Begitu pula tamu satu dan lainnya ketika mengantri. Para tamu disediakan bulpen tersendiri untuk check in. Setelah selesai digunakan bulpen akan dibersihkan dengan cairan disinfektan sebelum digunakan tamu selanjutnya.

Yang unik adalah kunci kamar diserahkan kepada tamu dalam bungkus plastik demi menjaga higienitas. Lain lagi untuk layanan lift, pihak manajemen membuatkan tombol khusus dengan (pedal) pijakan kaki untuk membuka lift sehingga meminimalisir sentuhan jari.

Hotel Dafam Semarang juga mengharusan karyawan yang bersinggungan langsung dengan tamu (seperti Front Office, Restoran, Banquet & HouseKeeping) menggunakan face shield dan sarung tangan. Kemudian untuk penataan meeting room sesuai arahan tata cara kenormalan baru adalah dengan menata jarak antar kursi menjadi 1 meter, kapasitas peserta meeting dibatasi sesuai standar protokol kesehatan.

” Tidak saja pelayanan room, untuk sajian makanan juga kami tata dengan pola jaga jarak. Alat makan kami berikan satu per satu dibagikan oleh pelayan. Begitu pula dengan makan di restoran, para tamu juga diwajibkan antri berjarak untuk mengambil makanan,”pungkas, Ardian. (ucl)