Indonesia Puncaki Klasemen Sementara, Ganjar Beri Dukungan Atlet Para Games

JUARA: Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyerahkan medali emas kepada atlet renang Indonesia yang menjuarai cabang olahraga para renang di ajang ASEAN Para Games 2022 di Jatidiri Semarang, Selasa (2/8/2022). FOTO:DOK.PEMPROV/JATENGPOS

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG– Indonesia menambah 16 medali emas ASEAN Para Games 2022, Selasa (2/8/2022) kemarin. Kinerja tersebut memperkuat posisi tuan rumah di puncak klasemen sementara.

Sebanyak tiga di antaranya datang dari cabang olahraga para renang. Emas dipersembahkan Fajar Nur Hadianto, Syuci Indriani, dan tim estafet putra.

“Seneng bisa menang sama bisa memecahkan waktu diri sendiri,” kata Syuci yang membukukan 30,69 detik, meningkat dari catatan terbaiknya 31,47 detik.

Hingga Selasa (2/8/2022) kemarin kontingen Merah Putih kini mengoleksi 31 emas, 22 perak, dan 16 perunggu. Indonesia jauh meninggalkan pesaing terdekat Thailand yang memiliki 19 emas, 22 perak, dan 10 perunggu.

Penghuni lima urutan teratas klasemen ASEAN Para Games 2022 tidak berubah dari sehari sebelumnya. Pergeseran terjadi di posisi enam dengan Myanmar menyalip Singapura, serta peringkat delapan yang kini jadi milik Timor Leste.

Seluruh peserta ASEAN Para Games 2022 kini mendapat medali dengan Brunei mendulang perunggu.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendukung langsung atlet para swimming dalam ajang ASEAN Para Games 2022 di kolam renang GOR Jatidiri, Kota Semarang, Selasa (2/8/2022). Ia mengatakan semangat atlet sangat luar biasa dan menjadi kebanggaan Indonesia.

“Melihat semangatnya luar biasa sehingga atlet Para Games ini akan menjadi kebanggaan Indonesia,” kata Ganjar.

Setelah melihat semangat para atlet di lapangan, Ganjar mengajak masyarakat dan pemerintah daerah untuk mendukung atlet-atlet difabel di daerahnya. Tujuannya tentu untuk membanggakan Indonesia.

“Maka mari kita yang punya atlet Para Games di daerah kita masing-masing dampingi mereka, latih terus mereka, support mereka agar mereka bisa membanggakan Indonesia,” katanya.

Para swimming menjadi satu-satunya cabang olahraga (cabor) ASEAN Para Games 2022 yang digelar di Kota Semarang. Ganjar menyempatkan diri untuk datang ke venue para swimming untuk melihat pertandingan hari kedua. Ia sempat melihat dua pertandingan untuk kelas 100 meter Backstroke Men.

Ganjar juga menyerahkan medali emas kepada atlet renang Indonesia, Fajar Nur Hadianto yang telah menjuarai renang kelas 50 meter backstroke laki-laki di ajang ASEAN Para Games 2022.

“Khusus event yang ada di Semarang kebetulan hanya renang saja. Tadi sempat melihat kompetisinya cukup menarik dan ketat. Beberapa tadi kita lihat lombanya, tidak semua bisa memenangkan, kata pelatihnya untuk ini target kita memang juara tiga, ternyata memang tercapai,” ungkap Ganjar, Selasa (2/8/2022).

Sebelumnya, pada hari pertama, tim para swimming Indonesia berhasil mengumpulkan 7 emas, 9 perak, dan 7 perunggu dalam pertandingan di kolam renang Jatidiri Semarang. Capaian itu mendongkrak posisi Indonesia dalam perolehan medali secara umum. Kontingen Indonesia saat ini masih bertengger di puncak klasemen diikuti oleh Vietnam dan Thailand. (lip/ul/muz)