Inggris vs Hungaria

Munuju Final Qatar 2022

16

JATENGPOS.CO.ID,  LONDON – Timnas Inggris segera menyelesaikan tugas mereka di Grup I Piala Dunia 2022 untuk lolos ke Qatar. Bukan Cuma itu, Three Lions juga finis sebagai pemuncak klasemen, karena tiga sisa laga melawan tim terbawa klasemen. Ini semua dimulai saat Inggris menjamu Hungaria di Wembley Stadium, Rabu (13/10/2021) dinihari pukul 01:45 WIB, disiarkan langsung Mola TV.

The Three Lions menghasilkan penampilan bintang lima untuk melewati Andorra pada Sabtu malam, sementara tim tamu mereka kalah 1-0 dari Albania terakhir kali.

Sementara kebakaran stadion mengancam penundaan pertandingan Inggris dengan Andorra pada hari Sabtu, The Three Lions adalah orang-orang yang memadamkan harapan sekilas Pyrenees dari penampilan Final Piala Dunia dengan kemenangan langsung 5-0 di lapangan plastik.

Formasi muda dan menyerang Gareth Southgate melihat Ben Chilwell, Bukayo Saka, Tammy Abraham, James Ward-Prowse dan Jack Grealish semuanya mencetak gol di akhir pekan, dengan beberapa pemain pinggiran Three Lions tentu saja mempertaruhkan klaim untuk peran yang lebih reguler.

Dengan 19 poin yang diperoleh dari tujuh pertandingan di Grup I, Inggris telah mengukuhkan posisi mereka di puncak peringkat dengan keunggulan empat poin atas Albania dan – kecuali runtuhnya proporsi raksasa – akan memesan tiket mereka ke Qatar bulan depan.

Sejak malam yang menentukan melawan Italia di Wembley, Inggris telah mencetak 14 gol dan hanya kebobolan satu dari empat pertandingan Kualifikasi Piala Dunia, dengan hasil imbang 1-1 September dengan Polandia terbukti menjadi sedikit lebih dari kemunduran kecil dalam perjalanan ke turnamen final lainnya.

Lebih jauh lagi, The Three Lions mencatatkan 12 kemenangan beruntun Kualifikasi Piala Dunia di kandang sendiri, sementara mereka tidak pernah kalah dalam pertandingan seperti itu di Wembley sejak kekalahan 1-0 dari Jerman pada tahun 2000, membuat tugas Hungaria semakin tidak masuk akal.

Bahkan Hungaria – tim yang memenangkan hati tim netral Euro 2020 dengan penampilan mantap melawan Prancis dan Jerman – tidak aman dari paket kejutan Albania pada hari Sabtu, ketika tim Marco Rossi kalah 1-0 dari rival mereka.

Armando Broja dari Chelsea mencetak satu-satunya gol dengan 10 menit tersisa saat harapan Qatar 2022 Hungaria mengalami pukulan pahit lainnya, dan pasukan Rossi sekarang berada di peringkat luar untuk mengungguli Albania atau Polandia ke posisi kedua dan menjaga aspirasi Piala Dunia mereka tetap hidup.

Setelah menderita kekalahan ketiga mereka dalam empat pertandingan kualifikasi, Hungaria duduk di urutan keempat dalam peringkat – empat poin di belakang Polandia dan terpaut lima poin dari Albania yang berada di urutan kelima – yang berarti bahwa mereka tidak dapat naik lebih tinggi di klasemen tidak peduli apa yang terjadi pada Rabu dinihari WIB.

Sejak 1986, Hungaria tidak lolos ke Final Piala Dunia, dan rekor buruk itu akan diperpanjang kecuali ada perubahan ajaib dalam tiga pertandingan tersisa, tetapi kemenangan mereka atas Andorra pada 9 September merupakan satu-satunya kemenangan mereka dari delapan pertandingan terakhir secara keseluruhan.

Inggris menang 4-0 di kandang Hungaria bulan lalu – meskipun pertemuan itu sebagian besar dibayangi oleh insiden pelecehan rasis dari sebagian penonton tuan rumah – dan sudah 59 tahun sejak kemenangan terakhir tim tamu melawan Three Lions, yang datang di Piala Dunia 1962.

Manajer Inggris Gareth Southgate dapat dimengerti meninggalkan sebagian besar pemain utamanya sebagai cadangan melawan Andorra, dan Three Lions akan kembali ke barisan terkuat mereka di depan penggemar mereka sendiri di sini.

Jordan Pickford siap menggantikan Sam Johnstone di gawang, sementara Kyle Walker dan Tyrone Mings keduanya bisa kembali ke barisan belakang menggantikan Kieran Trippier dan Conor Coady, tetapi Luke Shaw lebih tidak pasti.

Declan Rice dan Jordan Henderson akan membentuk duo lini tengah menggantikan Kalvin Phillips yang cedera, sementara Grealish, Harry Kane, Raheem Sterling, dan Mason Mount semuanya harus dipanggil kembali ke sepertiga akhir lapangan.

Hungaria akan dipaksa melakukan perubahan pertahanan karena Endre Botka akan absen dalam perjalanan ke Wembley karena skorsing, sehingga Adam Lang dapat menggantikannya setelah Attila Fiola mengundurkan diri karena cedera.

Tim Rossi tidak melaporkan kekhawatiran cedera baru dari kekalahan hari Sabtu tetapi mungkin membuat tweak taktis atau dua setelah malam yang mengecewakan, dengan Szabolcs Schon berharap untuk merebut kembali tempat yang seharusnya di sisi atas Daniel Salloi.

Laszlo Kleinheisler juga bisa dimasukkan kembali ke lini tengah di Wembley, sementara Janos Hahn dikeluarkan dari bangku cadangan terakhir kali dan akan memberikan kehadiran fisik di lini tengah jika dipilih.

Tindakan tercela dari beberapa penggemar mungkin telah membayangi kemenangan Inggris di Hungaria bulan lalu, tetapi di lapangan, tim Southgate  satu kelas di atas dan harus memiliki terlalu banyak untuk lawan mereka.

Hungaria tampil mengejutkan di Euro 2020 tapi performa mereka mengecewakan di babak kualifikasi ini. Karena itu, Three Lions diharapkan menang dengan skor besar. Prediksi skor Inggris 3 – 0 Hungaria. (bola/riz)