Inilah 7 Caleg DPR RI Jateng IV yang Berpotensi Lolos ke Senayan

JATENGPOS.CO.ID,  SRAGEN – Pemilihan Legeslatif (Pileg) DPR RI untuk Daerah pemilihan (Dapil) IV Sragen, Karanganyar dan Wonogiri memunculkan sejumlah wajah baru. Berdasar peroleh suara sementara, ada 7 caleg yang diprediksi bakal lolos ke Senayan. Diantaranya Dolfie dari PDI Perjuangan, Yuliatmono dari Golkar, Diah  Pikatan O. Putri Haprani atau lebih dikenal Pinka Haprani dari PDI Perjuangan, Rinto Subekti dari Demokrat, Hamid Noor Yasin dari PKS, Bambang Wuryanto dari PDI Perjuangan dan Sriyanto dari Gerindra. Setidaknya diperkirakan ada 4 wajah baru yang diprediksi bakal duduk di Senayan.

Ironisnya 4 incumbent  gagal melenggang ke sanayan. Diantaranya Endang Maria Astuti dari Golkar, Luluk Nur Hamidah dari PKB. Meski begitu perolehan suara sementara antar calon legeslatif (caleg) DPR RI Jateng IV masih kompetitif dan bisa berubah.

Hasil Quick Caunt sementara yang dirilis laman Pemilu2024.kpu.go.id. menunjukan perhitungan sementara data yang masuk 6.866 dari 10.516 TPS atau 75,55 persen.

PDI Perjuangan meraup 443.521 suara atau 39,47 persen, disusul Partai Golkar 153.121 suara 13,63 persen, dan PKS 130.814 suara 11,64 persen. Kemudian Demokrat 117.970 suara 10,5 persen dan  Gerindra dengan 91.796 suara 8,17 persen.

Melihat hasil tersebut, perolehan suara sementara Caleg Dapil Jateng IV, untuk posisi pertama Dolfie (PDIP) meraup 88.146 suara, Kedua Rinto Subekti dengan perolehan 83.178 suara, Disusul Juliatmono Golkar dengan 75.429 suara. Sedangkan urutan empat sampai enam masing-masing ditempati PDIP lagi,i Diah Pikatan O. Putri Haprani 63.374 suara, disusul Bambang Wuryanto, memperoleh 59.056 suara, dan Paryono dengan 57.634 suara.

Sementara peringkat ketujuh ada caleg petahana Hamid Noor Yasin dari PKS dengan 51.950 suara.

Berdasarkan hasil perolehan suara sementara tersebut, empat dari tujuh nama caleg yang berpotensi lolos ke Senayan merupakan caleg incumbent  dari PDIP sendiri ada caleg Dolfie, Bambang Wuryanto dan Hamid Noor Yasin dari PKS.

Sedangkan Rinto Subekti (Demokrat) dan Diah Pikatan O. Putri (PDIP) dan Juliyatmono ( Golkar).Sedangkan untuk kursi ke tujuh diprediksi masih menjadi perebutan PDI Perjuangan Paryono dan Sriyanto Gerindra.

Diketahui dari Quick Caunt laman Pemilu2024.kpu.co.id. Kamis 22/2/24) siang ini, Masing-masing hasil perolehan suara sementara mereka mengalahkan caleg petahana lainnya seperti Agustina Wilujeng Pramestuti dari PDIP dan Endang Maria Astuti dari Golkar serta Luluk Nur Hamidah dari PKB.

Dari hasil rekapitulasi perhitungan suara sementara DPR RI Jateng IV baru mencapai 75,55 persen dari total keseluruhan perolehan suara. Namun kondisi Quick Count tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

Akir G selaku Tim Sukses Hamid Noor Yasin perwakilan Sragen menjelaskan, pihak  sangat optimis caleg DPR RI yang didukungnya lolos ke Senayan.  Hal itu berdasar perhitungan di tingkat internal partai dari 3 kabupaten Sragen, Wonogiri dan Karanganyar,  kemenangan  Hamid Noor Yasin dengan kompetitornya Hadi selisih 13 ribu lebih.

“Bahkan kemenangan tersebesar pak Hamid di Sragen mencapai 39 ribu lebih totalnya mencapai 79 ribu lebih,” papar Akir. (ars)