Inisiatif Hyperlocal Tokopedia Dongkrak Transaksi 

PRAKTIS : Inisiatif Hyperlocal tingkatkan berbagai nilai transaksi online tokopedia, praktis dan modern.  

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG –  Inisiatif Hyperlocal Tokopedia yang digencarkan sejak pertengahan 2020 lalu terus membawa sederet dampak positif di berbagai daerah, termasuk Semarang.

Head of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Trian Nugroho, mengungkapkan, Rata-rata transaksi pelaku UMKM lokal Tokopedia di Semarang meningkat hampir 2x lipat selama kuartal III 2021 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

“Secara umum di Semarang, Makanan dan Minuman, Kecantikan, Kesehatan dan Perawatan Diri, Elektronik, Ibu dan Anak serta Fesyen Anak menjadi kategori dengan peningkatan transaksi paling tinggi di Tokopedia selama kuartal III 2021 dibanding periode yang sama tahun 2020”, ujarnya.

Berbagai peningkatan tersebut didorong oleh sederet inisiatif turunan Hyperlocal. Contohnya, kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP), yang telah hadir di Semarang, Medan, Pekanbaru, Palembang, Bandung, Solo, Surabaya, Malang, Makassar dan akan terus bertambah di kota lainnya.

“Transaksi kampanye KTP di Semarang meningkat lebih dari 3x lipat selama kuartal III 2021 jika dibandingkan dengan kuartal III 2020. Sedangkan jumlah transaksi rata-rata UMKM yang mengikuti KTP meningkat lebih dari 36x lipat”, imbuh.

Contoh UMKM Semarang yang mengikuti kampanye KTP adalah Ecoffee. Sejak mengikuti kampanye KTP selama kuartal III 2021, penjualannya meningkat lebih dari 34x lipat. Kenaikan ini menjadi penyemangat Ecoffee dan sejumlah petani kopi lokal yang digandeng dari berbagai daerah.

Selain mempermudah UMKM lokal, berbagai kampanye turunan Hyperlocal juga membantu masyarakat secara umum dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dari penjual terdekat. Salah satunya kampanye Waktu Indonesia Belanja (WIB) Lokal serta Home Living SALEbrations.

“Kampanye WIB Lokal sendiri – yang berlangsung setiap tanggal 25 hingga akhir bulan – disesuaikan dengan daerah masing-masing sehingga masyarakat di berbagai wilayah, termasuk Semarang, bisa mengakses produk dari penjual setempat”, tutup Trian Nugroho.

Di sisi lain, Home Living SALEbrations mempermudah masyarakat mendapatkan berbagai perlengkapan rumah tangga, dapur hingga pertukangan dengan beragam penawaran menarik untuk membuat berbelanja menjadi lebih hemat. (ucl)