Irak Memang Beda Kelas

Indonesia Dikalahkan Irak 2-0

JATENGPOS.CO.ID, JAKARTA – Kekalahan yang diderita Timnas Indonesia saat menjamu Irak, Kamis (06/06/2024) dinilai wajar. Pasalnya, level Skuad Garuda dianggap masih berada di bawah sang lawan.

Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Irak dengan skor 0-2 dalam laga putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Menurut pengamat sepak bola Erwan Hendarwanto, tak ada yang perlu disesali atas hasil tersebut karena Irak bermain lebih efektif. Sedangkan Timnas Indonesia sering melakukan kesalahan sendiri.

“Bukan apes tapi memang secara level kita masih sedikit dibawah Irak. Kalah matang dalam usia sangat berpengaruh dalam segi pengalaman bertanding, sempat menguasai permainan tapi kurang tenang dalam mengeksekusi peluang,” ujar Erwan kepada bola.com.

Sepasang gol kemenangan Irak tercipta di babak kedua. Mereka membuka keunggulan via Aymen Hussein pada menit ke-54. Irak kemudian memperlebar jarak lewat Ali Jasim di menit ke-88.

Menurut Erwan Hendarwanto ada dua faktor yang membuat Timnas Indonesia gagal menjinakkan Singa Mesopotamia. Apa saja?

“Irak bermain tenang meskipun dibawah tekanan suporter maupun permainan Timnas. Pengalaman dan ketenangan serta kondisi fisik yang mengakibatkan Timnas Indonesia kalah,” ulas Erwan.

“Saya kira sudah tidak ada yang perlu disesali, kesempatan lolos masih terbuka asal bisa menang lawan Filipina, dua faktor yang sempat saya sampaikan mungkin bisa diperbaiki,” sambungnya.

Kartu merah, hukuman penalti, dan blunder mewarnai kekalahan Timnas Indonesia dari Irak. Garuda harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-60, setelah Jordi Amat diusir wasit akibat melakukan pelanggaran keras terhadap pemain lawan.

“Koordinasi lini belakang terutama dalam mengantisipasi kecepatan counter attack harus benar-benar diperhatikan. Melawan Irak kita sangat kedodoran terutama diposisi central back yang ditempati Jordi Amat,” terang Erwan Hendarwanto.

“Kemudian finishing yang mungkin apabila bisa mencetak gol diawal hasilnya akan berbeda. Melawan Filipina kemampuan terbaik dari Ragnar dan Struick diharapkan bisa muncul dan kembalinya Jay saya kira Timnas bisa menang lawan Filipina,” tambahnya.

Meskipun keok, Timnas Indonesia tetap bertengger di posisi kedua klasemen sementara Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Jordi Amat dkk. membukukan tujuh poin dari lima laga yang dijalani.

Sementara Irak kokoh di puncak klasemen dengan poin sempurna yakni 15. Urutan ketiga dihuni Vietnam dengan nilai enam. Adapun Filipina tercecer di dasar klasemen dengan satu angka.

Garuda masih memiliki peluang lolos ke fase berikutnya. Asalkan bisa mengalahkan Filipina pada partai pemungkas Grup F. Kedua tim bakal berduel di Stadion GBK, Selasa (11/06/2024).

Presiden Federasi Sepak Bola Irak (IFA), Adnan Darjal, melayangkan apresiasi untuk Timnas Irak yang sukses menumbangkan Timnas Indonesia pada lanjutan Grup F Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Adnan Darjal juga merasa bangga setelah Timnas Irak menang 2-0 atas Timnas Indonesia dalam duel yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Kamis (06/06/2024) sore hari WIB itu.

Menurut Adnan, kemenangan ini sangat krusial untuk mengunci posisi tim berjuluk Singa Mesopotamia itu dalam menghadapi fase berikutnya yakni Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

“Para pemain Timnas Irak tampil dengan terhormat, memainkan permainan yang menyenangkan, dan meraih kemenangan yang kami tunggu-tunggu, yakni akan jadi kartu kami di level kontinental,” kata Adnan Darjal dalam keterangan resmi IFA.

Adnan Darjal turut melayangkan apresiasi khusus atas keberhasilan pelatih Timnas Irak, Jesus Casas. Menurutnya, pelatih asal Spanyol itu mampu melakukan analisis yang tepat untuk mengalahkan skuad Garuda.

Tak hanya itu, kemenangan ini juga sangat bersejarah bagi skuad Singa Mesopotamia. Pasalnya, Aymein Hussein dkk sukses menyapu bersih seluruh pertandingan yang tersaji di Grup F dengan kemenangan.

Dari lima pertandingan, Timnas Irak sukses memenangkan semua laga. Sehingga, skuad asuhan Jesus Casas kini semakin kokoh di puncak klasemen Grup F dengan koleksi 15 poin.

“Saya mengucapkan selamat kepada jajaran pelatih yang dipimpin oleh Jesus Casas atas pembacaan akurat dan ketangkasannya dalam mencetak tonggak sejarah yang luar biasa bagi Timnas kita di babak play-off,” ujar Adnan.

“Dia meraih nilai penuh dengan merah lima kemenangan beruntun dan menyapu bersih semuanya. Kemenangan ini meningkatkan poin Timnas Irak menjadi 15 di Grup F,” ia menambahkan.

Adnan berharap, skuad Singa Mesopotamia mampu menutup perjalanannya di Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dengan catatan yang sempurna. Menurut jadwal, mereka akan melakoni pertandingan terakhir Grup F dengan menjamu Timnas Irak di Stadion Internasional Basra, Basra, Selasa (11/06/2024).

“Alhamdulillah, kesuksesan meraih kemenangan penting ini merupakan hasil kerja sama tim. Saya mengucapkan selamat kepada seluruh penonton yang telah menemani dan mendukung Timnas Irak,” cetusnya.

“Kami menantikan akhir perjalanan Timnas Irak di babak kualifikasi pada Selasa depan di kota tercinta, Basra, dan mencatatkan pencapaian yang ditunggu-tunggu semua orang,” ia melanjutkan.