Beranda Ekonomi Jateng Kucurkan Bansos JPE ke UMKM Pekalongan Terdampak COVID-19

Jateng Kucurkan Bansos JPE ke UMKM Pekalongan Terdampak COVID-19

17
Wali Kota Pekalongan Saelany Machfudz saat memberikan bantuan sembako pada pelaku UMKM.

JATENGPOS.CO.ID, PEKALONGAN – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, mengucurkan bantuan sosial jaring pengaman ekonomi (JPE) berupa bahan baku produksi pada kelompok usaha mikro kecil (UMKM) yang terdampak COVID-19 di Kota Pekalongan.

Wali Kota Pekalongan Saelany Machfudz di Pekalongan, Selasa, mengatakan bahwa bantuan sosial JPE ini merupakan program inisiasi Gubernur Jawa Tengah untuk memberikan rangsangan kegiatan usaha produksi pelaku UMKM pada bidang makanan kecil.

“Tujuannya, bantuan JPE ini dapat mendukung penciptaan lapangan kerja, penanggulangan kemiskinan dan peningkatan berkelanjutan, serta menggerakkan perekonomian di daerah di tengah pandemi COVID-19,” katanya.

Saelany mengatakan besaran bantuan sosial JPE yang disalurkan melalui lembaga penyalur berupa bahan baku produksi seperti telur, gula pasir, tepung terigu, minyak goreng, dan mentega.

“Penyaluran bantuan ini, kami lakukan pada hari ini dan Rabu (3/6) melalui lembaga penyalur yaitu toko Sampoerna Retail Community (SRC) Herma Jaya dan Toko SRC Eny. Bantuan JPE ini berupa telur 50 kilogram, gula pasir 50 kg, tepung terigu 75 kg, minyak goreng 40 liter, dan mentega 24 kg,” katanya.

Menurut dia, bantuan yang digunakan untuk membantu kelancaran dan pengembangan UMKM terdampak COVID-19 ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para pelaku UMKM.

“Kami akan memberikan sanksi pencabutan bantuan jika diketahui penerima manfaat tidak melaksanakan kepercayaan yang diberikan ini. Selain itu, kami berpesan warga juga tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan agar pendemi COVID-19 selesai,” katanya.

Pemilik toko Herma Jaya Grosir Wahyudin mengatakan pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan pemerintah dalam hal pengadaan bahan-bahan yang disalurkan untuk pelaku UMKM. (fid/ant)