Beranda Nasional Jelang Pelantikan Presiden, Situasi Jakarta Aman dan Kondusif

Jelang Pelantikan Presiden, Situasi Jakarta Aman dan Kondusif

19

JATENGPOS.CO.ID, Jakarta – Situasi terkini wilayah Ibu Kota Jakarta kondusif menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Minggu siang.

“Hingga pagi ini situasi kondusif,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Argo Yuwono saat ditemui di Jalan Asia-Afrika, Minggu pagi.

Argo bersama Wakapolda Metro Jaya Brigjen Wahyu Hadiningrat dan jajaran lainnya melakukan pemantauan situasi arus lalu lintas di pertigaan Jalan Asia-Afrika dan Jalan Gelora.

Menurut Argo, pengamanan untuk pelantikan presiden dan wakil presiden telah disiapkan jauh hari sebelum pelantikan, bersama unsur TNI dan Polri dimulai dari rapat persiapan, gladi bersih dan lainnya.

“Persiapan sudah jauh-jauh hari mulai dari rapat sampai pelaksanaan pelantikan siang nanti,” katanya.

Argo menyebutkan, TNI dan Polri telah menyiapkan pasukan yang disebar ke sejumlah titik-titik pengamanan seperti pusat perekonomian, pertokoan, hotel dan objek vital lainnya.

“Semua lokasi dilakukan pengamanan, termasuk diberlakukan pengamanan jalur,” kata Argo.

Menjelang pelantikan ini, kata Argo, sejumlah ruas jalan dari dan menuju gedung parlemen Senayan ditutup dan dialihkan.

Penutupan dan pengalihan ini telah diinformasikan kepada masyarakat baik melalui media massa maupun sosial media.

Pengawalan jalur untuk tamu negara yang hadiri pelantikan juga disiapkan, mulai dari keberangkatan mereka dari hotel menuju gedung Parlemen.

“Entah itu dari pimpinan negara asing yang akan hadiri pelantikan bapak presiden dari hotel sampai ke DPR kita kawal, ada beberapa titik yang kami lakukan penyekatan personel dari TNI Polri dari berbagai satuan dan semuanya ada,” kata Argo.

Argo mengajak masyarakat untuk sama-sama mensukseskan acara pelantikan tersebut agar berjalan aman, lancar dan kondusif.

“Kita berharap pelantikan ini dapat aman lancar karena dihadiri oleh pejabat luar negeri maupun utusannya, diliput media asing. Semoga kita jadi bangsa yang besar dan menghargai demokrasi semoga acara ini dapat berjalan dengan lancar,” kata Argo. (fid/ant)