Jerman Dikadali Jepang

Selebrasi ketika Timnas Jepang mengalahkan sang juara Jerman dengan 2-1

JATENGPOS.CO.ID, DOHA – Timnas Jepang secara mengejutkan mampu menaklukkan juara dunia Jerman melalui comeback sepasang gol masing-masing dari Ritsu Doan menit ke-75 untuk menyamakan skor menjadi 1-1, dan menit ke-83, Takuma Asano membuat Jepang unggul 2-1.

Pelatih Timnas Jepang, Hajime Moriyasu, tak bisa menggambarkan perasaan setelah timnya mengalahkan Jerman dengan skor 2-1 pada laga Grup E Piala Dunia 2022, Rabu (23/11/2022) malam WIB. Menurut Hajime Moriyasu, Jerman merupakan anutan bagi tim berjulukan Samurai Biru tersebut.

Bertanding di Khalifa International Stadium, Samurai Biru sebenarnya tertinggal lebih dulu melalui gol penalti dari Ilkay Gundogan pada menit ke-33. Namun, semuanya berubah pada babak kedua. Jepang berhasil melakukan comeback dramatis dengan mencetak dua gol ke gawang Jerman. Gol tersebut dicetak Ristu Doan (75′) dan Takuma Asano (83′) yang sukses memberikan kemenangan untuk Jepang atas Jerman.

“Mereka adalah anutan bagi kami dan itu tidak akan akan pernah berubah. Bermain melawan Jerman menimbulkan perasaan campur aduk buat kami,” kata Hajime Moriyasu seperti dikutip The Mirror.

Hajime Moriyasu juga menyebut sepak bola Jerman punya peran besar dalam perkembangan Timnas Jepang. Itu dibuktikan dengan banyaknya pemain Jepang yang berkarier di Bundesliga.

Mereka adalah Ko Itakura (Borussia Monchengladbach), Maya Yoshida (Schalke), Wataru Endo dan Hiroki Ito (Stuttgart), Ritsu Doan (Freiburg), Daichi Kamada (Eintracht Frankfurt), Ao Yanaka (Fortuna Dusseldorf), dan Takuma Asano (Bochum). Hajime Moriyasu menilai, mungkin itu menjadi satu di antara kunci timnya bisa mengalahkan Jerman.

“Kami sangat berterima kasih kepada sepak bola Jerman. Kami berkembang dan belajar dari mereka. Kami memiliki tujuh pemain di Bundesliga. Mereka bermain dengan atau melawan pemain top. Saya yakin kami dapat percaya diri menunjukkan apa yang telah kami pelajari dari mereka,” ungkap pelatih Timnas Jepang itu.

Sementara itu, Maya Yoshida menyebut Timnas Jepang masih memiliki dua laga lagi di babak penyisihan Grup E. Itulah yang membuat mereka pantang jemawa dan harus fokus ke laga selanjutnya. “Kami mendapatkan hasil yang bagus, tapi ini baru satu pertandingan. Kami masih melewati dua pertandingan lagi untuk lolos,” ucap Maya Yoshida.

“Kami harus fokus, tetap tenang dan bersiap dengan baik untuk pertandingan berikutnya,” sambung pemain 34 tahun itu.

Setelah menuntaskan pertandingan pertama dengan hasil kemenangan, pemain Jepang ingat dengan perjuangan sesama tim negara Asia, yang juga tetangga dekat, Korea Selatan.

Korea Selatan dijadwalkan melakoni duel pertama di Piala Dunia 2022, Uruguay, yang juga berstatus juara dunia. Duel Grup H itu dimainkan di Stadion Education City, Kamis (24/11/2022) malam WIB.

Seperti diketahui, Jerman merupakan pemegang empat kali gelar juara Piala Dunia, sedangkan Uruguay sebanyak dua kali. “Saya punya beberapa teman di tim Korea. (Hwang) Hee-chan adalah sahabat terbaik,” kata Takumi Minamino, gelandang Timnas Jepang. Mereka juga bisa melakukan sesuatu yang istimewa. Ya, kami ingin melihatnya, lanjutnya.

Hwang Hee-chan, penyerang andalan Timnas Korea Selatan pernah satu tim dengan Minamino di Red Bull Salzburg. Saat ini keduanya sudah meninggalkan klub Bundesliga itu. Hee-chan membela Wolverhampton Wanderers dan Minamino di AS Monaco.

Takumi Minamino ingin temannya dan koleganya di Timnas Korea Selatan itu mampu mengikuti jejak Timnas Jepang yang menundukkan tim “besar”.

Sekadar mengingatkan, Arab Saudi mengawali kejutan tim Asia di Piala Dunia 2022 dengan mengalahkan Argentina dengan skor 2-1 (22/11/2022). (bol/riz)