Juara 1 Lomba Vlog Literasi Kelas dengan Gamifikasi

151
Peraih juara Vlog, Danar Sri Wijayanti, M.Hum

JATENGPOS.CO.ID,  SEMARANG – SD Kristen 1 YSKI Semarang sebagai sekolah global yang mengedepankan kualitas PJJ senantiasa memberikan yang terbaik agar peserta didik dapat belajar dengan menyenangkan.

Salah satu metode yang diberikan adalah dengan gamifikasi pembelajaran.

Gamifikasi pembelajaran adalah pendekatan pembelajaran menggunakan elemen-elemen di dalam game dengan tujuan memotivasi peserta didik dalam proses pembelajaran dan memaksimalkan perasaan enjoy (menikmati) dan engagement (keterlibatan) terhadap proses pembelajaran tersebut.

Seperti yang kita ketahui bersama, PJJ bukanlah hal yang mudah baik bagi guru maupun peserta didik. Apalagi untuk peserta didik yang duduk di bangku Sekolah Dasar.

Tentu tidak mudah bagi anak-anak usia Sekolah Dasar untuk terlibat dengan antusias dalam mengikuti pembelajaran daring.

Oleh karena itu, dibutuhkan PJJ yang mampu menjembatani kebutuhan anak untuk bermain sambil belajar.

Inilah mengapa SD Kristen 1 YSKI menggunakan metode gamifikasi.

Di bawah kepemimpinan Kepala Sekolah Yefrina Elisa S Kokali, M.Si, sekolah global ini memberikan daring melalui Zoom dengan berbagai variasi gamifikasi. Sehingga peserta didik tetap terpenuhi kebutuhannya untuk bermain sambil belajar.

Kepala Sekolah, Yefrina Elisa S Kokali, M.Si,.

Juara 1

Gamifikasi pembelajaran inilah yang membawa SD Kristen 1 YSKI mendapatkan juara 1 dalam Lomba Vlog Literasi Kelas yang diselenggarakan oleh KLG Jateng.

Lomba yang diselenggarakan dalam rentang waktu April-Mei ini membawa Danar Sri Wijayanti, M.Hum, guru bahasa Inggris SD Kristen 1 YSKI menjadi juara 1 dengan vlog berjudul Gamifikasi: Setitik Ceria menuju Pembelajaran Tatap Muka.

Vlog ini menginspirasi Bapak/Ibu guru untuk membuat PJJ menjadi menyenangkan dengan gamifikasi pembelajaran. (*/jan)