Juara EPL City Cetak Sejarah

JATENGPOS.CO.ID, MANCHESTER – Manchester City (ManCity) mencetak sejarah baru bersama Pep Guardiola di kasta tertinggi Liga Inggris, Premier League. City kembali menjadi juara Liga Inggris usai mengalahkan West Ham United dengan skor 3-1 di Etihad Stadium, Minggu (20/05/2024) malam WIB.

Dimainkan serentak pada Minggu (19/05/2024) pukul 22.00 WIB, Premier League 2023-2024 telah rampung selesai.

The Citizens memenangi titel liga untuk kali keempat beruntun. Pada laga terakhir di Etihad Stadium, Man City menang 3-1 atas West Ham United melalui dua gol Phil Foden dan Rodri. City menyegel posisi satu klasemen dengan 91 poin dari 38 laga, diikuti Arsenal (89 poin) dan Liverpool (82 poin).

“Sangat sulit untuk mengungkapkan dengan kata-kata apa yang telah kami lakukan hari ini,” tutur Foden di laman resmi Premier League.

“Tidak ada tim yang pernah melakukannya (empat kali berturut-turut). Anda lihat apa artinya bagi para penggemar dan kami, yang bekerja sepanjang tahun untuk momen ini. Premier League ini memiliki arti lebih. Kami adalah tim pertama yang melakukannya. Saya kehilangan kata-kata,” lanjut dia.

Dengan keberhasilan Man City memenangi titel liga empat kali beruntun, itu sudah menghasilkan catatan yang melalui rival sekota, Manchester United.

Pep Guardiola juga telah memenangi titel Premier League keenam dengan Man City, menjadi pelatih keempat yang mencapainya bersama Sir Alex Ferguson (13 kali), George Ramsay (enam kali), dan Bob Paisley (enam kali).

Sejarah baru tercipta karena Pep Guardiola membawa Man City menjadi juara Liga Inggris empat musim berturut-turut! Sejarah karena Pep Guardiola merupakan pelatih pertama yang bisa merasakan titel juara Premier League empat musim beruntun.

Mengenai rekor ini, Pep Guardiola mengatakan bahwa City telah melakukan sesuatu yang luar biasa. “Dalam hal angka, tidak ada yang lebih baik dari kami. Rekor, gol, poin, empat kemenangan beruntun,” kata Pep Guardiola.

“Saya katakan sebelumnya, jika Anda bertanya apakah Anda memenangkan enam dari tujuh Premier League berikutnya, saya akan mengatakan Anda gila. Itu tidak mungkin. Kami telah melakukan sesuatu yang luar biasa,” sambungnya.

Total Pep Guardiola sudah memberikan enam gelar juara Premier League kepada Manchester City. Momen Liverpool juara musim 2019/2020, adalah satu-satunya musim di mana Guardiola gagal mempersembahkan titel juara Premier League untuk Man City.

Sebelumnya Guardiola juga jadi pelatih pertama yang merasakan treble winners sebanyak dua kali. Masterclass Pep Guardiola!

Guardiola membuka kemungkinan untuk meninggalkan Manchester City setelah membawa mereka meraih gelar juara Premier League keempat kalinya secara beruntun.

Keberhasilan tersebut menandai gelar keenam Guardiola di Premier League, hanya Alex Ferguson (13) yang berhasil meraih gelar lebih banyak dalam sejarah kompetisi, meskipun spekulasi masih terus berlanjut mengenai masa depannya.

“Kenyataannya adalah saya lebih dekat untuk pergi daripada bertahan. Kami telah berbicara dengan klub, perasaan saya adalah saya ingin bertahan sekarang. Saya akan bertahan musim depan dan selama musim ini kami akan berbicara, apakah durasinya delapan atau sembilan tahun, kita lihat saja nanti,” sambung Guardiola.

Man City mengakhiri musim ini setelah menjalani 35 pertandingan tak terkalahkan di semua kompetisi, rekor terpanjang yang pernah diraih oleh tim Premier League, saat mereka kembali memecahkan rekor dengan kemenangan ini.

Namun mantan bos Barcelona itu mengatakan pujian harus diberikan untuk aksi heroik Man City dalam memenangkan gelar. “Banyak pekerjaan, saya tidak mengatakan saya manajer yang buruk tetapi saya mendapat dukungan luar biasa dari klub,” tambahnya.

“Kami memiliki etos kerja ini, semua orang melakukan pekerjaan mereka dan setiap bagian sangat penting. Ini adalah kebenaran dan kenyataan,” tegas Guardiola.

The Citizens sekali lagi mengungguli Arsenal, di mana kemenangan di hari terakhir atas Everton terbukti tidak berarti, untuk meraih gelar juara, seperti yang mereka lakukan musim lalu dalam pertarungan dengan tim asuhan Mikel Arteta.

Guardiola memperingatkan bahwa Arsenal merupakan tim yang sedang berada di jalur yang menanjak. “Bagi Arsenal telah mendorong kami ke tingkat yang lebih tinggi (sebelumnya adalah Liverpool) dan dua musim terakhir adalah Arsenal,” terang Guardiola.

“Yang satu ini sangat luar biasa. Kami mendapatkan pesannya, kami tahu mereka akan berada di sana selama bertahun-tahun. Mereka memiliki manajer muda dengan talenta besar, mereka mengirimkan pesan kepada kami bahwa Anda harus berhati-hati untuk beberapa tahun ke depan.”

“Ketika saya pindah ke sini, jika seseorang mengatakan saya akan memenangkan enam liga dalam tujuh musim, saya akan mengatakan Anda gila, tidak mungkin. Semua pemain ini berjuang melawan Manchester United dan Liverpool dan Chelsea, semua tim ini. Sekarang adalah periode kami, kami adalah bagian dari itu,” pungkas Guardiola. (bls/bol/riz)