Kampanyekan Go Green, Alfamart Dukung Pengurangan Kantong Plastik

Corporate Communication Manager PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (Alfamart) Regional II Budi Santoso saat kampanye go green di Bulusulur Wonogiri.

JATENGPOS.CO.ID, WONOGIRI – PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (Alfamart) ikut andil dalam upaya pengurangan kantong plastik di Wonogiri. Alfamart membagikan kantong tas go green ramah lingkungan dan mensosialisasikan pengurangan penggunaan kantong plastik kepada masyarakat.

Corporate Communication Manager PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (Alfamart) Regional II Budi Santoso mengatakan pihaknya ingin ikut berkontribusi dalam mengurangi sampah plastik. Terkhusus pengurangan penggunaan kantong plastik.

“Seperti diketahui, plastik kan butuh waktu lama untuk terurai. Kita lakukan program pengurangan kantong plastik juga untuk merawat alam,” ujar dia di Alfamart Bulusulur, Wonogiri, Rabu (11/1). Diketahui di Kota Sukses, sudah ada Perbup Nomor 46 Tahun 2019 tentang Pengurangan Penggunaan Sampah Plastik.

Budi menuturkan, pihaknya berkomitmen untuk mendukung Pemkab Wonogiri yang telah memiliki aturan dalam pengurangan sampah plastik. Dia memaparkan, pihaknya mengedukasi masyarakat khususnya konsumen terkait hal itu. Caranya, konsumen yang datang ke Alfamart dan tidak membawa kantong belanja diberi kantong tas go green yang ramah lingkungan.

“Kepada konsumen kita sampaikan supaya ke depannya membawa tas tersebut saat berbelanja. Kita juga tidak akan menyediakan kantong plastik lagi. Ini sudah kita launching bersama DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Wonogiri,” papar Budi.

Selain itu, imbuh Budi, pihaknya juga bakal mengedukasi masyarakat untuk mengurangi penggunaan kantong plastik. Ketua RT setempat juga digandeng supaya masyarakat mendapatkan edukasi tersebut. Kantong plastik yang dibawa oleh warga juga ditukar dengan tas go green yang ramah lingkungan.

“Ini kita lakukan di seluruh toko kita yang ada di Wonogiri. Ini bentuk dukungan Alfamart terhadap program dan aturan Pemkab Wonogiri dalam hal pengurangan kantong plastik,” kata dia. Dengan langkah yang dilakukan Alfamart, diharapkan program pengurangan kantong plastik bisa makin greget. Dengan begitu, lingkungan juga makin terjaga ke depannya.

Kepala DLH Wonogiri Bahari mengatakan, aksi yang dilakukan oleh Alfamart itu adalah yang pertama dilakukan oleh toko ritel di Wonogiri. Hal tersebut digadang-gadang sebagai upaya nyata pengurangan sampah plastik.

“Kami mengapresiasi upaya yang dilakukan Alfamart. Ke depan kita berharap Alfamart terus mendukung program pemerintah dalam mengurangi sampah plastik,” kata dia. DLH Wonogiri mencatatkan, pada 2022 lalu dalam satu tahun terdapat 126.917,85 ton sampah di Wonogiri. 47.124,17 ton diantaranya dilakukan pengurangan lewat sejumlah langkah seperti bank sampah dan lainnya.

Selanjutnya, sampah yang dilakukan penanganan (diangkut ke TPA) mencapai 18.064,48 ton. Sementara sampah terkelola sebanyak 65.187,66 ton dan sampah yang belum terkelola secara baik 61.730,19 ton. “Untuk komposisi sampah plastik yang masuk di TPA 40 persen diantaranya adalah sampah plastik kresek,” kata Bahari. (dea/hasto/sgt)