Kampung Siaga Covid 19 di Desa Patihan Bentuk Sinergi Warga-Polres Sragen Lawan Virus Corona

    Unit III Sat. Intelkam Polres Sragen bersama Poldes Desa Patihan, Sidoharjo membentuk kampung siaga Covid-19. Foto: ARI SUSANTO/JATENG POS

    JATENGPOS.CO.ID, SRAGEN – Jajaran Polres Sragen ajak warga menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan karantina mandiri. Hal itu disampaikan Unit III Satuan Intelkam Polres Sragen dalam bakti sosial pembentukan Kampung Siaga COVID-19 di Dukuh Gebung, Desa Patihan, Kec. Sidoharjo, Sragen, Minggu (12/4).

    Kegiatan khusus di Posko Poldes rumah Kamso ini, Unit III Sat.Intelkam dipimpin Ipda Joko Purwanto, juga memberikan bantuan sejumlah alat penanggulangan virus corona. Di antaranya masker, handsanitizer, disinfektan,tempat cuci tangan dan tangki semprot.

    Kemudian memasang MMT Kampung Siaga COVID-19, selain di balai desa Patihan, juga 5 titik lainnya.

    Kegiatan bakti sosial ini, diiukuti sejumlah anggota unit III Sat.Intelkam Polres Sragen, Pemerintah Desa Patihan, SAR Poldes Cabang Sidoharjo dan Desa Patihan. Babinkamtibmas dan Bidan Desa Patihan.

    Kapolres Sragen AKBP Raphael Sandy Cahyo Priambodo, SIK melalui Kasat Intelkam AKP Sumanto, SH menjelaskan tujuan pembentukan kampung siaga Covid-19 di Desa Patihan ini, untuk menggalakkan partisipasi aktif masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan virus corona.

    “Selain itu mengajak masyarakat untuk hidup dengam menerapkan PHBS dan menumbuhkan kesadaran karantina mandiri bagi warga dengan status Pelaku Perjalanan (PP), Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Tidak hanya itu, dengan kampung siaga ini sebagai sarana edukasi warga lakukan Social Distancing dan Physical Distancing secara menyeluruh,” papar AKP Sumanto.

    Ditambahkan Kanit III Intelkam Ipda Joko Purwanto, bakti sosial yang dilakukan Polres Sragen ini untuk memberikan bantuan warga dalam dampak pandemi covid-19. Dan dibentuknya kampung siaga covid-19 mengharapkan masyarakat lebih sadar bahaya virus corona.

    Pembentukan kampung siaga itu merupakan upaya sinergitas .”Maka bakti sosial ini sebagai langkah upaya Penanganan, Pencegahan dan menekan penyebaran wabah COVID-19. Pencegahan penyebaran virus corona di masyarakat khususnya wilayah Kabupaten Sragen. Semoga nanti apa yang kita berikan walaupun jumlahnya tidak banyak bisa bermanfaat bagi warga khususnya di Desa Patihan,” tutur Ipda Joko Purwanto.

    Sementara Kades Patihan  Tri Mulyono mengucapkan terima kasih gerakan yang dilakukan Unit III Sat.Intelkam Polres Sragen yang memberikan bantuan dan menjalankan Program Kampung Siaga COVID-19. Gerakan sinergitas ini pasti bermanfaat ditengah pandemi corona.

    “Mengingat warga kami ada yang berstatus PP, ODP dan PDP, selama ini kami terbantu dengan adanya Poldes dengan Ketua Cabang Alfian Rendi yang sudah banyak membantu Program Pemerintah dalam rangka Penanganan COVID-19 SAR dimana Poldes yang beranggotakan 91 orang ini, juga bergerak di bidang bakti sosial lainnya,” papar Kades Tri Mulyono. (ars/bis/rit)