Kapal Nusakambangan Tenggelam Tewaskan 2 ABK Mengangkut 2 Truk

12
EVAKUASI: Proses evakuasi penumpang kapal penyeberangan Pengayoman IV terbalik di dermaga Sodong, Nusakambagan. FOTO:RS.ID/IST

JATENGPOS.CO.ID, CILACAP– Kapal penyeberangan Pengayoman IV terbalik dan tenggelam saat menyeberang dari Dermaga Wijayapura Cilacap menuju Dermaga Sodong Nusakambangan. Akibat peristiwa ini 2 anak buah kapal (ABK) tewas, sedangkan 5 orang lainnya selamat.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Cilacap, I Nyoman Sidakarya, mengatakan, kejadian tersebut terjadi pada pukul 08.45 WIB saat kapal Pengayoman IV hendak menyeberang dari Dermaga Wijayapura menuju Dermaga Sodong Nusakambangan.

“Kapal Pengayoman IV berangkat dari Dermaga Wijayapura Cilacap pukul 08.45 WIB menuju Dermaga Sodong Nusakambangan dengan membawa 2 truk, di tengah perjalanan ± 1,8 Km dan akan melakukan manuver sandar, diduga kapal terhantam angin dan arus kemudian kapal terbalik dan tenggelam,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Cilacap, Nyoman dalam pesan singkatnya kepada wartawan, Jumat (17/9/2021).

Saat melakukan manuver sandar tersebut kapal yang mengangkut dua truk tronton itu kemudian miring. Angin di sekitar lokasi juga berhembus kencang dan mengakibatkan kapal terbalik.

“Saat di tengah-tengah antara dermaga keberangkatan (Dermaga) Wijayapura menuju Sodong Nusakambangan, di pertengahan penyeberangan itu, anginnya kencang dan langsung kapal itu terbalik,” terang Nyoman.

Dari data Basarnas Cilacap Kapal Pengayoman IV yang tenggelam di perairan Cilacap itu terdapat 7 orang dalam kapal tersebut yakni seorang nakhoda, 2 ABK serta 5 orang lainnya adalah sopir truk, petugas lapas dan seorang penumpang.

Dilansir di website resmi Kemenkumham www.kemenkumham.go.id disebutkan bahwa Kapal Angkut Pengayoman IV adalah milik Direktorat Jenderal (Ditjen) Pemasyarakatan Kemenkumham. (dtc/muz)